Tips Tidur nyaman Tanpa AC meski Suhu Panas

Tips-Tidur-nyaman-Tanpa-AC-meski-Suhu-Panas

Beberapa hari terakhir ini suhu panas di Jakarta meningkat, Di waktu siang hari suhu panas dapat mencapai 37°C. Karangmulya sebagai Rental dan Sewa AC juga membaca dibeberapa media online lokal perihal masalah ini. Cuaca yang panas dan lembab membuat saat tidur pada malam hari menjadi kurang nyaman. Saat udara lembab, keringat menjadi sulit untuk menguap dan orang yang tidur akan banyak berkeringat. Kami mungkin terbiasa menggunakan Air Conditioner sebagai pendingin dan penyejuk ruangan tapi bagaimana dengan kawan lain yang belum atau tidak memiliki AC. Tips Tidur nyaman Tanpa AC meski Suhu Panas berikut ini mungkin dapat di jadikan solusi praktis.

Seorang ahli cuaca dan tata udara Phillip Eden mensiasati hal ini dengan menutup ruangan dengan tirai ketika siang hari untuk menghalangi sinar matahari masuk. Ia membuka tirai pada sisi rumah yang teduh dan menutup tirai di sisi rumah yang terik. Ini berarti memutari rumah pada tengah hari untuk menutup satu sisi dan membuka yang lainnya. Satu jam sebelum tidur, Eden menyarankan untuk membuka jendela agar angin segar masuk. Jala khusus nyamuk dapat dipasang di jendela agar serangga tidak ikut masuk.

Selain membuka jendela, ahli tidur dari Imperial College London, Profesor Mary Morrell mengatakan seprai saat tidur pada cuaca panas juga perlu diperhatikan. Ia menyarankan untuk menggunakan seprai berbahan katun yang dapat menyerap keringat daripada menggunakan seprai berbahan nilon. Kipas angin juga merupakan solusi yang bagus untuk mereka yang bisa terbiasa dengan suaranya yang lebih bising daripada AC. Pilihan lain yang paling masuk akal adalah dengan menggunakan kipas. Ini akan membantu mengalirkan udara di sekitar tubuh Anda dan meningkatkan kemungkinan keringat menguap.

Profesor Kevin Morgan dari Clinical Sleep Research Unit, Loughborough University, mengatakan, Untuk Upaya menurunkan suhu beberapa orang mandi dengan air dingin yang sebenarnya itu tidaklah bermanfaat. Mandi dengan air dingin akan menutup pori-pori tubuh sehingga keringat sulit keluar dari tubuh. Karena tubuh sedikit berkeringat, maka suhu tubuh pun nantinya akan semakin cepat meningkat membuat tidur menjadi tidak nyaman. Ini akan membuat Anda merasa dingin sejenak dan menutup pori-pori tubuh sehingga Anda akan berkeringat lebih sedikit. Jika Anda memang harus mandi, gunakanlah air hangat.

Demikianlah Tips Tidur nyaman Tanpa AC meski Suhu Panas semoga dapat membantu dan berguna bagi kawan semua.

Sumber: www.health.detik.com

Bagikan :)