Beberapa alasan mengapa AC Tidak Cepat Dingin baik AC rumah maupun AC Kantor, AC baru maupun AC lama, AC murah maupun AC mahal,

Beberapa alasan mengapa AC Tidak Cepat Dingin baik AC rumah maupun AC Kantor, AC baru maupun AC lama, AC murah maupun AC mahal

AC Tidak Cepat Dingin padahal kita sudah kegerahaan dan ingin segera merasakan kesejukan, Ditunggu lama tapi AC Tidak Cepat Dingin juga. Hal seperti ini mungkin saja banyak dialami pengguna AC rumah maupun AC kantor. Pada artikel Karangmulya Rental Jasa Sewa AC Murah Jakarta kali ini akan membahas tentang Alasan AC Tidak Cepat Dingin yang mungkin akan berguna bagi kita semua. Artikel ini tidak membahas tentang solusi namun hanya menjelaskan hal-hal terkait yang logis sesuai dengan pengalaman dan ilmu pengetahuan kami, Berikut beberapa alasannya.

Pengaturan Pada Remote AC

Penyebab AC Tidak Cepat Dingin bisa datang dari pengaturan pada remote AC. Jika kita salah mengatur mode-nya, bisa saja udara yang keluar dari AC justru tidak cepat dingin. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengatur mode di remote AC pada mode auto ataupun cool. Dengan begitu, hembusan udara sejuk akan menjadi lebih kencang dari sebelumnya. Selain itu, Dapat juga mengatur fan atau kipas AC kamu ke level maksimal supaya hembusan angin menjadi lebih kencang.

Jika Remote AC anda rusak mungkin bisa mencoba untuk menggunakan Remote AC Universal, Anda bisa membelinya di toko elektronik, Toko sparepart AC, dll. Remote AC Universal juga tersedia pada market place dn toko online. Pada kemasan jualnya biasanya sudah dilengkapi dengan panduan penggunaan dan hal-hal terkait lainnya.

PK Pada AC Versus Luas Ruangan

Memilih AC tentunya harus disesuaikan dengan luas ruangan, Dengan begitu kecepatan pendinginan akan didapat, Kesejukanpun akan dirasakan keseluruh ruangan. Ada cara menghitung kebutuhan pemakaian PK Pada AC Versus Luas Ruangan, Rumusnya adalah panjang ruangan x lebar ruangan x 500 BTU.

Mungkin diantara kita belum tahu, bila kapasitas ukuran AC memakai istilah PK (Paard Kracht/Daya Kuda/Horse Power (HP)) pada AC). Sedangkan BTU (British Thermal Unit) adalah ukuran kemampuan pendinginan. Setiap ukuran PK AC memiliki nilai BTU yang berbeda.Untuk AC ½ PK = ±5.000 BTU/h, AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h, AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h, AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h, dan AC 2 PK = ±18.000 BTU/h.

Jadi, misalnya luas ruangan yang akan didinginkan adalah 3×3 m2, maka perhitungan yang berlaku adalah 3 x 3 x 500 BTU = 4500 BTU. Maka kapasitas AC yang diperlukan adalah sekitar 0,5 PK. Sedangkan jika luas ruangan yang akan didinginkan adalah 5×4 m2 dan dihasilkan nilai 10000 BTU, maka PK pada AC yang dibutuhkan di ruangan tersebut adalah 1 PK.

Teknologi Yang Dimilki AC

Beberapa produsen AC, Belakangan ini membenamkan beberapa teknologi hemat energi dan cepat dingin pada AC buatan mereka, Sebut saja seperti Teknologi AC Inverter (Non Hemat Listrik) tapi konsumsi listrik menyesuaikan setting AC sehingga masih hemat listrik. Produsen AC seperti LG dengan teknologi AC LG DUALCOOL with Watt Control, Panasonic dengan Teknologi AC Inverternya, Gree Moo Series dengan Teknologi Frozen Power, Samsung dengan Teknologi Turbo-nya, dll.

Kesemua teknologi itu memang benar adanya, Semuanya dapat mendinginkan ruangan dengan cepat, Diantara semuanya tentunya ada yang paling cepat bahkan ada yang berani memberikan garansi jika tidak cepat dingin. Jika anda merasa AC Tidak Cepat dingin, Mungkin anda dapat mencoba menggunakan AC dengan teknologi pendinginan cepat.

Kurang Perawatan Berkala

Seringkali pengguna AC meremehkan perawatan berkala, Karena AC masih mampu bekerja dan menghasilkan dingin mereka merasa belum perlu dilakukan perawatan berkala atau service rutin. Apapun teknologi yang dimiliki AC anda, Jika tidak dirawat dengan baik maka jangankan untuk cepat dingin bahkan AC tidak akan dingin walaupun unit AC bekerja.

Lakukan Perawatan Berkala atau Service Rutin 2 hingga 3 bulan sekali, Apa lagi jika kita menggunakan AC ditempat banyak perokok dan kegiatan memasak sering-seringllah melakukan perawatan. Hal ini juga dapat menjaga AC tetap bekerja maksimal serta menjaga AC agar tetap awet.

Listrik yang tidak Stabil

Suatu waktu kami merasakan ac tidak bekerja normal, Lalu kami melakukan berbagai setting agar AC dapat bekerja normal kembali, Namun tetap begitu. Kami melalukan pengecekan dan kami mendapatkan bahwa tegangan listrik tidak normal, Hal ini baru pertama kali kami alami. Tidak lama kemudian tegangan kembali normal dan AC bekerja normal seperti biasanya.

Kondisi seperti ini tentu saja akan membuat AC Tidak Cepat Dingin bahkan tidak mampu menghasilkan dingin, Jika dilokasi anda sering terjadi masalah seperti ini mungkin dapat mencoba menggunakan Stabilizer.

Penyusutan dan Kerusakan Komponen

Kompresor AC yang lemah atau rusak dapat menyebabkan AC Tidak Cepat dingin bahkan tidak dingin. Sebagai komponen utama, kompresor berfungsi untuk mengatur sirkulasi freon dari unit AC outdoor ke indoor dan kembali lagi ke outdoor. Kompresor yang tua dapat mengalami karat atau aus yang menyebabkan kebocoran pada kompresor itu sendiri.

Tekanan Freon AC kurang atau habis, Sebagai zat yang mengandung titik didih yang sangat rendah, freon bermanfaat sebagai bahan pendingin seperti AC dan kulkas. Oleh karena itu, freon yang kurang atau bahkan habis menjadi salah satu penyebab AC Tidak Cepat dingin bahkan tidak dingin.

Sebenarnya freon hanya perlu diisi sekitar 4-5 tahun sekali saja. Namun jika AC harus sering diisi freonnya, mungkin ada penyebab lain seperti pipa freon yang bengkok/patah sehingga menyebabkan freon bocor. Jika usia AC masih terbilang cukup baru namun freonnya sering habis, diperlukan pengecekan ada atau tidaknya kebocoran pada pipa freon. Jika ternyata ada gelembung pada pipa yang telah dilumuri air sabun, ini berarti pipa freon bocor. Cara lainnya adalah dengan melihat apakah ada oli yang merembes dari pipa maupun unit AC. Jika ada, berarti pipa freon harus segera diperbaiki.

Demikianlah artikel AC Tidak Cepat Dingin ini, Terimakasih telah berkunjung ke website Karangmulya Rental Sewa AC Murah Jakarta dan Sekitarnya. Salam..

Karangmulya Rental adalah Jasa Sewa AC, Sewa Genset, Sewa Tenda, Sewa Misty Fan atau Kipas Angin Air dimana Jasa Sewa kami dapat diterapkan pada acara besar atau kecil, indoor ataupun outdoor dapat dipastikan kami akan siap mendukung acara istimewa anda dan akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk anda.