Mengetahui sejarah singkat AC dan pentingnya menghadirkan kesejukan udara sehingga menggunakan jasa sewa AC demi kenyamanan pengunjung pesta dan event

Sewa AC / Rental AC / Penyewaan AC adalah Layanan jasa pada sebuah organisasi atau perorangan yang memiliki banyak AC (Air Conditioner) dan dapat dipinjamkan serta digunakan pihak lain dengan membayar, Terdapat syarat dan ketentuan yang telah disepakati bersama, Antara pihak peminjam dan yang dipinjamkan.

Produk apapun, Jika telah ada yang menyewakan berarti produk tersebut cukuplah berguna untuk masyarakat luas, Hal ini terjadi juga pada produk tata udara yang lebih dikenal dengan Air Conditioner (AC). Dahulu produk ini adalah barang mewah dan merupakan salah satu penemuan yang memberikan perubahan terhadap gaya hidup masyarakat dunia. Penemuan penting ini memungkinkan kita mendinginkan rumah, gedung bisnis, rumah sakit, pusat data, laboratorium, dan bangunan lain yang penting bagi perekonomian dan kehidupan. Seperti terobosan yang paling penting, teknologi AC komersial dan residensial modern adalah hasil dari serangkaian kemajuan oleh para ilmuwan juga penemu yang menantang diri mereka sendiri untuk menghasilkan solusi kreatif untuk masalah-masalah saat ini dan nanti.

Mengetahui sejarah singkat AC dan pentingnya menghadirkan kesejukan udara sehingga menggunakan jasa sewa AC demi kenyamanan pengunjung pesta dan event

Artikel ini dapat membawa kita memahami pentingnya menghadirkan kesejukan udara dalam kehidupan sehari-hari, Mengetahui bagaimana cara nenek moyang kita menghadirkan udara sejuk dan tentunya sejarah singkat bagaimana proses terciptanya Air Conditioner (AC). Artikel ini dapat menjadi bahan informasi bagi yang memerlukan Layanan Jasa Sewa AC untuk berbagai keperluan. Selamat membaca tulisan tentang Sewa AC Demi Kenyamanan Pengunjung Pesta Dan Event ini.

Pentingnya Menghadirkan Kesejukan Udara

Jika dijaman dahulu sudah ditemukan listrik dan Air Conditioner pastilah para raja, kaisar, pembesar dan orang kaya tanpa pikir panjang akan menggunakannya, Sejarah mencatat bagaimana nenek moyang kita berusaha untuk menghadirkan kesejukan pada bangunan mereka, Memang bukanlah suatu pemikiran yang jenius tapi setidaknya dapat menyelamatkan mereka. Orang Mesir menggunakan tehnik evaporasi air sebagai metode pendinginan, Orang Roma menggunakan pengaliran air dari gunung melalui pipa, orang prasejarah lebih menyukai gua-gua sebagai tempat perlindungan dan peristirahatan, Orang Persia terkenal dengan tehnik penangkapan anginnya, Dan masih banyak tehnik lainnya.

Contoh yang sangat terkait dan logis dengan judul artikel “Sewa AC Demi Kenyamanan Pengunjung Event Dan Pesta” adalah Konsep penyejuk udara yang dikatakan sebagai cikal bakal AC modern. Pada abad kedua Tiongkok dan seorang penemu bernama Ding Huan. Dia menemukan kipas putar berdiameter tiga meter yang digerakkan oleh tenaga manusia dengan cara engkol, dengan serangkaian roda yang saling berhubungan. Itu cukup efektif untuk menyejukan seluruh aula yang penuh dengan orang, meski hanya menggunakan tenaga manusia untuk menciptakan angin yang sepoi-sepoi.

Jika negara Tiongkok / Cina yang memiliki musim dingin saja masih memerlukan penyejuk udara pada bangunan mereka, itu pasti dengan alasan betapa Pentingnya Menghadirkan Kesejukan Udara. Sebuah bangunan besar dengan banyak orang didalamnya akan mengganggu sirkulasi udara dan memerlukan lebih banyak oksigen, Belum lagi energi panas yang keluar dari tubuh manusia, Pastinya tidak akan nyaman berada didalam ruangan itu.

Tidak Cukup Hanya Menyejukan Tapi Mendinginkan, Itulah yang terjadi pada negara AS yang juga memiliki musim dingin, Sekitar tahun 1840, Seorang Dokter dan penemu, Dr. John Gorrie dari Florida mengusulkan gagasan untuk mendinginkan kota guna membebaskan penduduk dari “kejahatan suhu tinggi”. Gorrie percaya bahwa pendinginan adalah kunci untuk menghindari penyakit seperti malaria dan membuat pasien lebih nyaman, tetapi sistem dasarnya untuk mendinginkan kamar rumah sakit membutuhkan es untuk dikirim ke Florida dari danau dan sungai beku di Amerika Serikat bagian utara. Untuk menyiasati tantangan logistik yang mahal ini, Gorrie mulai bereksperimen dengan konsep pendingin buatan. Dia merancang mesin pembuat es menggunakan kompresor yang ditenagai oleh kuda, air, layar atau uap yang digerakkan angin dan diberikan paten untuk itu pada tahun 1851.

Pentingnya Menghadirkan Kesejukan Udara dikarenakan dua faktor, Kesehatan dan Kenyamanan. Udara sejuk dan segar mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia, Menangkal stres dan emosi berlebih serta tidak mudah lelah. Sejuk berbeda dengan dingin, Karena effek dari dingin kebanyakan tidaklah baik untuk tubuh, Bahkan jika terlalu dingin itu dapat berpengaruh pada kesehatan.

Sejarah Singkat AC Air Conditioner

Sejarah Singkat AC Air Conditioner kami awali dengan Konsep awal tata udara dari seorang penemu bernama Ding Huan asal Tiongkok cina pada abad kedua yang telah kami tuliskan sebelumnya dan ini termasuk Teknologi pendinginan evaporatif, Pada masa itu masyarakat baru mengenal kipas tangan, Seperti kita ketahui bersama, Kipas tangan sangat umum digunakan disepanjang sejarah dan digantikan oleh kipas angin listrik pada awal 1900-an. Meskipun tidak benar-benar mendinginkan udara, produk ini menghasilkan ‘Angin Sejuk’ dengan menguapkan kelembapan pada kulit dan memberikan efek menurunkan suhu tubuh.

Penemu dan negarawan besar Amerika, Benjamin Franklin, Sekitar pada tahun 1758 melakukan eksperimen dengan penguapan alkohol untuk mencapai suhu beku. Butuh sekitar 70 tahun lagi untuk mengembangkannya menjadi pendingin komersial, karena baru pada tahun 1834 sistem pendingin kompresi uap mulai ditemukan dan berfungsi dengan baik.

Sekitar tahun 1840, Seorang Dokter dan penemu, Dr. John Gorrie dari Florida merancang mesin pembuat es, Kami telah menuliskannya diatas, Proyek ini tidak berjalan lancar karena terkendala biaya sampai Dr. John Gorrie wafat, Beliau sering digambarkan sebagai Bapak Pendingin Udara. Pada mesin pendingin pembuat es, peringkat keluarannya diukur berdasarkan berapa banyak es yang diperlukan untuk menciptakan daya pendinginan yang sama. Ini dikenal sebagai Peringkat Kekuatan Es tetapi sekarang telah diganti dengan peringkat BTU (British Thermal Unit) atau KwH yang lebih logis.

Mungkin fakta yang paling mengejutkan adalah bahwa AC tidak dikembangkan untuk manusia, tetapi untuk kertas. Penemunya adalah Willis Haviland Carrier, seorang insinyur berusia 26 tahun dari Buffalo, New York pada tahun 1902. Meskipun usianya masih muda, ia benar-benar menjadi bapak AC modern. Dia bekerja di sebuah perusahaan penerbitan dan mereka mencari cara untuk mengontrol kelembapan didalam gedung untuk membantu tinta mengering lebih cepat dan untuk menghentikan kertas mengembang di udara lembab, untuk memungkinkan mereka meningkatkan kecepatan produksi. Dia menyebut penemuannya ‘Apparatus for Treating Air’ dan akhirnya menerima paten untuk itu empat tahun kemudian. Baru setelah paten ini diterima istilah ‘AC’ pertama kali digunakan, oleh seorang insinyur pabrik tekstil dari North Carolina bernama Stuart Cramer.

Setelah ini, Teknologi AC berkembang pesat dan banyak inovasi dilakukan termasuk membenamkan teknologi canggih dan modern, AC mulai digunakan dirumah dan kantor serta gedung bisnis lainnya, Gedung-gedung pemerintahan dan pejabat negara juga menggunakannya.

Sewa AC Demi Kenyamanan Pengunjung Event Dan Pesta

Bangunan komersial apapun saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan AC bahkan peralatan tata udara lainnya, Menggunakan AC Central berdaya standar yang terbatas mendinginkan ruang bangunan, Tidak dirancang pada penggunaan event atau pesta dimana akan banyak orang berkumpul. Jika kita adalah panitia atau pihak penyelenggara apakah harus membawa AC dari rumah sebagai tambahan jika dirasa kurang, Bukankah itu tidak praktis dan akan sangat merepotkan sekali, Solusi praktisnya adalah menggunakan layanan jasa Sewa AC / Rental AC / Penyewaan AC.

Penggunaan Layanan Jasa Rental AC memang menjadi alternatif pilihan, Solusi praktis tapi tidak ekomonis. Budget biaya sebuah event atau pesta jelas akan naik dan untuk beberapa orang ini merupakan masalah. Tapi demi kenyamanan pengunjung event dan pesta tidak ada pilihan lain dan semua harus disiapkan dari jauh hari. Udara panas membuat gerah berkeringat dan riasan tamu undangan rusak, Bernafaspun akan lebih berat dan semuanya akan berakhir pada ketidak nyamanan dan ketidak puasan.

Pentingnya menghadirkan kesejukan dan kesegaran udara telah dipaparkan diawal, Event atau pesta outdoor mungkin bisa menjadi alternatif pilihan, Walaupun aktifitas outdoor juga memiliki masalahnya sendiri. Indoor akan lebih mudah terkontrol dan aman namun juga memiliki masalahnya sendiri.

Tipe AC Pada Jasa Sewa AC

Tipe ac pada jasa Sewa AC Portable dilihat dari fungsi dan bangunan, Semua tipe AC tentunya disewakan dan sebelumnya harus disesuaikan dengan keperluan, Setelah itu barulah mencari Layanan Jasa Rental AC yang sesuai. Mulai dari tipe AC Split, AC Portable, AC Floor Standing hingga AC Central ada yang menyewakan, Tapi yang pasti tidak semua Penyewaan AC menyediakan segala tipe, Biasanya dua tipe atau salah satu tipe saja.

Tipe AC Central lebih cocok pada bangunan kantor, apartemen, dll. AC Split lebih banyak digunakan sebagai pengganti sementara atau penggunaan dalam waktu yang lama. Floor standing air conditioner atau ac floor standing adalah tipe ac yang paling banyak disewakan saat ini, kebanyakan event dan pesta menggunakan ac jenis ini. AC Portable lebih banyak digunakan pada ruangan kecil dan tipe AC ini sedang naik daun juga besar kemungkinan dapat menggantikan penggunaan ac floor standing.

Harga Sewa AC Pada Event dan Pesta

Berapa harga sewa ac pada event dan pesta, Jawabannya tentu relatif, Terdapat dua biaya jika menggunakan layanan Jasa Rental AC Portable yang harus diketahui. Biaya utama adalah Sewa AC itu sendiri dan lainnya adalah biaya listrik ketika menggunakan AC. Jika telah memiliki cukup daya listrik anggaplah tidak ada biaya lainnya, Jika belum cukup, Mungkin harus menyewa Genset. Kalau tidak salah PLN bisa membantu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Hitungan mudahnya seperti ini, Anggaplah menyewa 1 unit AC 3PK, Hitunglah penggunaan litrik 1PK=1000watt, Jadi 3PK=3000watt. Total keperluan daya listrik 1 unit AC 3PK sebesar 3000watt. Jika menggunakan AC 5PK berarti memerlukan 5000watt, AC 10PK memerlukan 10000watt, dan begitu seterusnya. Ini hanyalah hitungan mudah saja, Untuk kepastiannya bisa ditanyakan langsung kepada yang menyewakan.

Lamanya waktu sewa juga bisa berpengaruh kepada harga sewa ac khususnya jika menyewa dalam jumlah banyak, Setiap layanan Jasa Rental AC sepertinya memiliki kebijakannya masing-masing, Jangan sungkan menanyakan diskon atau menawar harga walaupun pada website mereka telah dijelaskan masalah harga.

Sumber Artikel: Dari berbagai Sumber dan Pengalaman Pribadi. Semoga Bermanfaat..

Share this:
Karangmulya Rental adalah Jasa Sewa AC, Sewa Genset, Sewa Tenda, Sewa Misty Fan atau Kipas Angin Air dimana Jasa Sewa kami dapat diterapkan pada acara besar atau kecil, indoor ataupun outdoor dapat dipastikan kami akan siap mendukung acara istimewa anda dan akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk anda.