Benarkah AC Berperan Dalam Penyebaran Virus Corona Covid-19

Virus Corona Covid-19 saat ini tengah menjadi pandemi yang menyebar hampir keseluruh negara didunia, Beberapa peneliti mencoba mengamati penyebaran virus ini, Salah satunya adalah penyebaran melalui udara. AC atau Air Conditioner adalah perangkat untuk menyejukkan udara di dalam ruangan, lalu, Benarkah AC Berperan Dalam Penyebaran Virus Corona Covid-19 ..?.

Karangmulya Rental Jasa Sewa AC Portable seringkali menulis pada artikelnya, Pada Air Conditioner modern biasanya telah ditanamkan teknologi pencegahan bahkan dapat menghilangkan Virus, Bakteri dan Partikel debu. Seperti pada AC Panasonic dengan Nanoe Teknologi, AC Samung dengan Teknologi Easy Filter Plus, AC LG dengan teknologi Dual Protection Filter, dll.

Benarkah AC Berperan Dalam Penyebaran Virus Corona Covid-19

Dikutip dari akun resmi Instagram WHO, Mereka menyatakan, Virus Corona Covid-19 menular melalui droplets atau percikan yang keluar saat seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Selain itu, penularan juga bisa terjadi saat menyentuh permukaan yang terkena droplets terkontaminasi dan secara tak sadar menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum cuci tangan. “Kamu bisa saja tertular virus jika berada dalam rentang jarak 1 meter dari penderita Covid-19,”.

Dari pernyataan WHO dapat disimpulkan, Udara yang dihembuskan AC tidak Berperan Dalam Penyebaran Virus Corona Covid-19 tetapi mungkin dari perangkat AC atau pengguna AC yang telah terpapar virus. Lalu pertanyaannya, Dapatkah virus corona menyebar melalui udara?.

Sejumlah penelitian menemukan potensi ini, tetapi masih dalam penelitian terbatas dan belum merujuk pada sebuah kesimpulan bahwa virus corona dipastikan bisa menular melalui udara. Oleh karena itu, yang menjadi rujukan hingga kini adalah pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pada unggahan akun resmi Instagram WHO, @who, Jumat 10/4/2020 ditegaskan bahwa hingga kini faktanya virus corona Covid-19 tidak menular melalui airborne atau udara.

Benarkah AC Berperan Dalam Penyebaran Virus Corona Covid-19

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Ari Fahrial Syam. Ia mengatakan, informasi mengenai penularan virus corona melalui udara adalah tidak benar. Hingga saat ini belum ada pembuktian secara ilmiah mengenai penularan virus corona melalui udara. “Itu informasi tidak benar. Sampai saat ini belum ada bukti virus corona menular malalui udara (airborne)”.

Benarkah AC Berperan Dalam Penyebaran Virus Corona Covid-19

Banyak informasi beredar melalui Sosial Media dan Group Massenger, Bahwa penyebaran Virus Corona Covid-19 bisa semakin masif di dalam ruangan dengan pendingin udara atau Air Conditioner. AC diduga dapat menurunkan suhu dan kelembapan sehingga menjadi kondisi menguntungkan covid-19 untuk menyebar.

Informasi yang beredar tersebut kebanyakan merujuk pada Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Jianyun Lu dari Guangzhou Center for Disease Control and Prevention menyebutkan, AC memiliki peran dalam penyebaran virus SARS-CoV-2.

Pakar Epidemiologi Penyakit Infeksi Universitas Gadjah Mada ( UGM), Prof. Hari Kusnanto Josef menyebut, hingga saat ini belum ada studi terkait AC dapat meningkatkan risiko penyebaran virus Covid-19. “Secara teoritis kemungkinan bisa, tetapi sampai sekarang belum ada penelitian terkait penularan Covid-19 dari penggunaan AC,”. Penelitian terkait penggunaan AC dengan penularan virus corona baru dilakukan pada SARS-CoV-2. Hasilnya menunjukkan bahwa memang ada pengaruh penggunaan AC dengan penularan SARS. “Kalau SARS sudah ada penelitiannya, ada penularan dari AC, namun jarang sekali kejadiannya.

Kendati demikian, ia menjelaskan bahwa di Wuhan pernah ada keluarga yang diketahui positif Covid-19 makan di sebuah restoran ber-AC. Namun, setelah dilakukan “contact tracing” terhadap orang-orang yang berada di restoran yang sama, tidak ditemukan adanya penularan Covid-19. “Jadi, pakai AC di rumah itu tidak masalah. Tidak usah khawatir selama tidak ada keluarga yang positif ataupun melakukan kontak dengan yang terinfeksi Covid-19,” terang Prof. Hari.

Sejak Pandemi Virus Covid-19 ini memang banyak sekali informasi yang ternyata Hoax, Karangmulya Rental Jasa Rental AC Portable hampir setiap hari menemukan informasi hoax tersebut. Namun pada kenyataannya, Benarkah AC Berperan Dalam Penyebaran Virus Corona Covid-19, Ternyata Secara teoritis kemungkinan bisa dan ini patut diwaspadai.

Mewaspadai Virus Corona Covid-19 Diruangan Ber-AC

Mewaspadai Virus Corona Covid-19 Diruangan Ber-AC memang perlu dilakukan, Praktisi kesehatan Ari Fahrial Syam, menyebut virus memang lebih senang hidup pada udara dingin. Itu membuat mereka bisa bertahan lama. Hanya saja, masalahnya virus lebih nyaman (hidup) pada udara dingin dan droplet yang menempel pada benda-benda, sehingga membuat virus bertahan lama.

Virus Corona Covid-19 menular dari satu orang kepada orang lain melalui droplet (percikan). Virus bisa menular langsung dari orang yang bicara keras, batuk atau bersin di depan kita dalam jarak 1 meter. Selain itu, secara tidak langsung jika droplet yang mengandung virus jatuh ke meja, saklar lampu, gagang telepon, gagang pintu, atau lokasi yang biasa disentuh orang, maka hal ini juga bisa jadi sumber penularan.

Cara Menghindari Terpapar Virus Corona Covid-19 Diruangan Ber-AC

Cara Menghindari Terpapar Virus Corona Covid-19 Diruangan Ber-AC adalah dengan melakukan physical distancing dan menjaga kebersihan ruangan, rajin mencuci tangan dengan sabun, gunakan masker jika terpaksa keluar rumah, dan pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Meski belum ada studi terkait AC dapat meningkatkan penyebaran Covid-19, Ruangan tertutup dengan sirkulasi udara yang terbataslah yang lebih dapat meningkatkan risiko penyebaran virus.

Ruang tertutup dengan sirkulasi minim berisiko besar menyebarkan virus, terlebih ruang sempit dan AC hidup terus. Karenanya, diusahakan jendela-jendela dibuka sehingga ada pergantian udara, tidak hanya muter terus udaranya. Beberapa studi memang mengungkap bahwa Covid-19 cenderung stabil pada lingkungan bersuhu dingin dan kering. Sementara, suhu kelembaban tinggi dapat mengurangi laju penularannya.

Guna meminimalkan hal tersebut,usahakan untuk sering membuka jendela rumah, ruang kerja maupun lokasi yang sering digunakan agar sirkulasi udara meningkat. Ia juga menuturkan virus tidak memiliki kemampuan bertahan hidup lama di udara. Rata-rata di udara virus hanya bisa bertahan 30 menit, tidak seperti di permukaan benda yang mampu bertahan lama.

Demikianlah artikel tentang “Benarkah AC Berperan Dalam Penyebaran Virus Corona Covid-19”. Terimakasih telah berkunjung ke website Karangmulya Rental

Sumber Artikel: Berbagai media online.

Share this:
Karangmulya Rental adalah Jasa Sewa AC, Sewa Genset, Sewa Tenda, Sewa Misty Fan atau Kipas Angin Air dimana Jasa Sewa kami dapat diterapkan pada acara besar atau kecil, indoor ataupun outdoor dapat dipastikan kami akan siap mendukung acara istimewa anda dan akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk anda.