Sistem Tata Udara Guna Penyegar Dan Pendingin Ruangan

Sistem Tata Udara Guna Penyegar Dan Pendingin Ruangan

Membaca artikel kami sebelumnya Apa Kata Personil Mahadewi Tentang AC Dan Lingkungan, Karang Mulya Rental sebagai Rental dan Sewa AC Standing tertarik untuk membahas masalah sistem pengkondisian udara dan tata udara. Dimana AC (Air Conditioner) tidak selalu diperlukan pada Sistem Tata Udara Guna Penyegar Dan Pendingin Bahkan Pemanas. Namun memang tidak dapat dibantah bahwa AC (Air Conditioner) merupakan perangkat praktis guna mendapatkan udara yang baik.

Sistem Tata Udara Guna Penyegar Dan Pendingin Ruangan – Sistem tata udara (tidak hanya Air Conditioner AC) pada bangunan bertugas mengolah udara dan menghasilkan kualitas udara yang baik, nyaman dan sehat bagi penghuninya. Keberadaan sistem tata udara sangat menunjang aktifitas dan produktifitas manusia. Beberapa jenis sistem tata udara juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan khusus, dengan kondisi perancangan tertentu, selain untuk tempat hunian manusia.Untuk mencapai tujuan diatas perlu diketahui beban pendinginan dan karakteristik ruangan serta sistem tata udara yang diperlukan.

Sistem tata udara adalah suatu proses mendinginkan/memanaskan udara sehingga dapat mencapai suhu dan kelembaban yang diinginkan/dipersyaratkan. Selain itu, mengatur aliran udara dan kebersihannya. Sistem penyegaran udara pada umumnya dibagi menjadi dua golongan utama yaitu :

a. Penyegaran udara untuk kenyamanan
Menyegarkan udara ruangan untuk memberikan kenyamanan kerja bagi orang yang melakukan kegiatan tertentu.
b. Penyegaran udara untuk industri
Menyegarkan udara ruangan karena diperlukan oleh proses, bahan, peralatan atau barang yang ada di dalamnya.
Mengapa udara perlu ditata?

Jika seseorang berada di dalam suatu ruangan tertutup untuk jangka waktu yang lama, maka pada suatu ketika ia akan merasa kurang nyaman, begitu juga jika kita berada pada ruang terbuka pada siang hari dengan sinar matahari mengenai tubuh kita akan terasa kurang nyaman. Hal ini diakibatkan dua hal utama yakni temperatur (suhu) dan kelembaban (humidity) udara tersebut tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dimana saja udara perlu ditata/diatur?

Perkantoran

Penyegaran udara gedung kantor diperlukan untuk memberikan kenyamanan lingkungan kerja bagi para karyawan. Dalam banyak hal penyegaran udara itu juga diadakan untuk melindungi peralatan kantor, sebaiknya terdapat pengatur suhu dan kelembaban atau penyegar udara untuk setiap kelompok ruangan dengan kegiatan yang sama.

Hotel

Hotel terdiri dari ruang tamu, ruangan umum seperti ruang duduk, ruang makan dan sebagainya. Ruang tamu sebaiknya sistem penyegaran dilengkapi dengan pengatur suhu dan kelembaban, dengan demikian suhu dan kelembabannya dapat disesuaikan dengan keperluan, seperti umur, jenis kelamin dari tamu dan sebagainya.

Pusat Pertokoan / Industri

Sistem penyegaran udara untuk keperluan industri dibagi menjadi dua golongan, yaitu penyegaran udara untuk kenyamanan, untuk memberikan kenyamanan lingkungan kerja bagi karyawan; dan penyegaran udara industri untuk mengatur suhu dan kelembababan dari udara yang dipergunakan dalam proses produksi, penyimpanan, lingkungan kerja mesin, dan sebagainya.

Rumah Sakit

Rumah Sakit berbeda dari jenis bangunan lainnya, dimana lingkungannya harus dijaga supaya tetap bersih untuk mencegah penyebaran dan berkembangnya bakteri patogenik. Oleh karena itu ruangan yang tersedia hendaknya dibagi menjadi beberapa daerah, sedemikian rupa sehingga tidak terjadinya pencampuran udara yang mengandung kuman penyakit.

Tempat Tinggal

Seperti yang pernah di utarakan sebelumnya, bahwa tujuan pengkondisian udara adalah untuk mendapatkan kenyamanan bagi penghuni yang berada didalam ruangan. Kondisi udara yang dirasakan nyaman oleh tubuh manusia.

Pada tempat-tempat tertentu di perlukan sistem penyegaran dan juga pengawatean, umumnya AC (Air Conditioner) merupakan alat penyegar atau pengatur kelembabpan sedangkan alat yang biasa digunakan untuk pengawatean adalah kulkas. AC (Air Conditioner) dan kulkas memiliki perbedaan utama pada penggunaan jenis refrigerant.

Pendinginan secara langsung dilakukan oleh refrigerant yang diekspansikan melalui koil pendingin, sedangkan udara disirkulasikan dengan cara menghembuskannya dengan menggunakan blower / fan melintasi koil pendingin tersebut. Sistem ini biasanya dipergunakan untuk beban pendinginan udara yang tidak terlalu besar seperti keperluan ruangan di rumah.

Sumber: Catatan Perkuliahan By. Ridwan – Universitas Gunadarma
Sumber: Sistem Pengkondisian Udara
Sumber: Dari Berbagai Sumber

Jika anda memerlukan Jasa Rental dan Sewa AC Standing Floor anda telah berada ditempat yang tepat, Karena Kami Karang Mulya bergerak dibidang Jasa Sewa Dan Rental AC Standing. Harga Penyewaan AC Standing sangatlah terjangkau dan Produk Rental pun terawat dengan baik.

Karang Mulya Rental adalah Layanan Jasa Rental AC Murah khususnya AC Floor Standing kadang disebut juga AC Standing 3PK dan 5PK. Wilayah layanan Jasa Sewa AC Standing Murah meliputi Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Serpong, Banten, dll. Kami menawarkan Harga Penyewaan AC murah dan terjangkau, Pelayanan ramah serta Produk Sewa AC selalu terawat dengan baik.

  Layanan Jasa Karang Mulya Rental

Karang Mulya adalah Layanan Jasa Sewa AC Standing 3PK dan 5PK, Sewa Tenda Kerucut atau Sarnafil, Sewa Misty Fan atau Misty Cool serta Sewa Genset. Cakupan Wilayah Kerja meliputi, Jakarta, Tangerang, Banten, Cileduk, Bekasi, Serpong, Depok, Bogor, Dll.

Bagikan :)