Tips Pemilihan Lokasi Sebelum Mendirikan Tenda Bivak

Tips Pemilihan Lokasi Sebelum Mendirikan Tenda Bivak Guna Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Selama Beristirahat Serta Tersedia Sumber Air dan Makanan

Tips Pemilihan Lokasi Sebelum Mendirikan Tenda Bivak Guna Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Selama Beristirahat Serta Tersedia Sumber Air dan Makanan. Sebelumnya Karang Mulya Jasa Sewa Tenda Kerucut Sarnafil telah munulis artikel tentang Mengenal Tenda Bivak Sebagai Tenda Darurat dan postingan kali ini adalah kelanjutannya. Bivak dapat dikatakan sebagai Tenda atau mungkin juga bukan, Namun yang pasti Bivak digunakan sebagai tempat bernaung, berteduh, berlindung di alam bebas yang penggunaanya hanyalah sementara atau keadaan darurat. Ketika Survival Dialam bebas masalah Cuaca dan Suhu Udara serta gangguan hewan liar menjadi kendala tersendiri, Menuntut upaya untuk dapat bertahan hidup dan menyelamatkan jiwa. Diperlukan tempat bernaung untuk berlindung, Jika tidak menemukan Goa, salah satu solusi praktis adalah dengan membangun BIVAK atau Tenda Bivak., Namun untuk menjaga Keamanan dan Kenyamanan ada baiknya memiliki pengetahuan tentang pimilihan tempat mendirikan Bivak. Berikut adalah tulisan singkat Tips Pemilihan Lokasi Sebelum Mendirikan Tenda Bivak di alam bebas.

Tips Pemilihan Lokasi Sebelum Mendirikan Tenda Bivak

Pada pembuatan Tenda Bivak atau Bivak Intinya adalah Penggunaan Sementara, walupun Sementara atau Darurat namun Ada 2 hal penting yang harus diperhatikan, Keamanan dan Kenyamanan. Ke 2 hal itu saling berkaitan, Misalnya Keamanan dari rasa lapar dan ketika tidak lapar maka kenyamanan bisa didapat, dll. Pada Tips Pemilihan Lokasi Sebelum Mendirikan Tenda Bivak sebenarnya juga umum dilakukan pada Pendirian Tenda lainnya, Misalnya Tenda Dome, Tenda Pramuka dan Tenda Lainnya ketika Kemping atau Berkemah.

Jumlah Orang Yang Menempati Tenda Bivak

Jika Jumlah Orang Yang Menempati Tenda Bivak hanyalah tunggal atau satu orang ini akan lebih mudah namun jika yang akan menempati tenda lebih dari satu orang berarti diperlukan ruang yang lebih luas. Keadaan ini juga menuntut pemilihan lokasi pendirian Tenda Bivak yang lebih luas, Jika lokasi tidak luas namun memanjang dapat didirikan beberapa Bivak sesuai keperluan. Membuat Bivak seperti gubuk dari bahan dahan, ranting, pelepah dan dedaunan dapat diperoleh ruang yang lebih luas, Cara ini juga sering dilakukan oleh para pemburu dan pengamat hewan di alam bebas.

Usahakan ketika membuat Bivak tidak merusak habitat sekitar dan hanya mengambil sesuai keperluan, Perhatikan mana yang mudah tumbuh lagi dan mana yang memerlukan waktu lama untuk tumbuh, Hal ini dilakukan agar habitat sekitar pendirian Tenda Bivak tidak rusak dan tetap lestari.

Memperhatikan Lokasi Sekitar Pendirian Tenda Bivak

Memperhatikan Lokasi Sekitar Pendirian Tenda Bivak sebagai upaya menghindari bahaya yang sewaktu-waktu akan terjadi seperti Banjir, Air Bah, Gangguan Hewan Liar dan Buas, Tersambar Petir, Pohon Tumbang, Longsor Tanah / Batu, Terpaan Angin Kencang, dll. Selalu usahakan menghidari Lokasi yang rawan gangguan demi Keamanan dan Kenyamanan Selama Beristirahat didalam Tenda Bivak.

Jika tidak membawa perbekalan makanan dan air, Pilihlah lokasi yang memungkinkan untuk mendapatkannya, Sumber air tidaklah selalu aliran sungai, danau dan Telaga, Dibeberapa lokasi berpasir atau berbatu sering didapati genangan air bahkan mata air. Sumber air juga bisa didapat dari Air Hujan, Pohon Pisang atau Dahan / Akar yang menjalar dan menyimpan air. Sumber makanan dari alam bisa berupa dedaunan, buah-buahan, Umbi-umbian dan Hewan.

Hindari mendirikan Tenda Bivak terlalu dekat dengan aliran sungai, Tepi Laut, Tepi Danau, Tepi Telaga, dll, Keadaan Air yang pada awalnya tenang bisa saja sewaktu-waktu menjadi berbeda, seperti terjadinya banjir hingga air bah, Terlebih jika cuaca buruk atau pada musim penghujan. Jika khawatir tenda dapat terendam air dapat dibuat parit kecil untuk mengalirkan air, Pembuatan parit ini sebaiknya hanya jika diperlukan agar tidak merusak tanah.

Beberapa Hewan justru aktif dimalam hari (nokturnal), Selain mencari makanan mereka juga mecari air, Ketika Medirikan Tenda Bivak didekat sumber air perhatikanlah bahwa Lokasi Pendirian Tenda Bivak tidak berada dijalur Perlintasan hewan untuk mencari air, Hal ini untuk menjaga keamanan disaat lengah ketika pulas tertidur dimalam hari. Jika membawa Garam dapat ditaburkan disekitar/sekeliling Tenda Bivak sebagai upaya menangkal gangguan hewan melata. Pengasapan dengan membakar dedaunan yang masih muda sebagai upaya menghalau nyamuk pada saat malam hari ketika sedang beristirahat.

Salah satu hal yang penting dalam Pendirian Tenda di alam bebas adalah sebisa mungkin menghindari tempat terbuka khususnya yang berangin kencang. Terpaan angin pelan sepoi-sepoi mungkin akan terasa nyaman, Namun bagaimana jika tiba-tiba terjadi hujan petir yang sertai angin kencang bahkan badai. Dirikan Tenda bivak di bawah kerindangan pohon yang tembus sinar matahari dan Jangan dirikan di bawah pohon yang rapuh dan lapuk. Terpaan angin juga akan menghantarkan suhu yang lebih dingin sehingga akan mengganggu kenyamanan selama beristirahat didalan Tenda Bivak.

Sebisa mungkin pilihlah lokasi Pendirian Tenda Bivak bertanah datar, Tidak Berkrikil, tidak Berbatu atau tidak berada diantara akar-akar pohon. Perhatikanlah juga apakah keadaan tanah yang kita dirikan Tenda Bivak berbentuk cekungan atau datar yang bisa menimbulkan genangan air pada saat hujan turun. Dirikan Tenda bivak pada tempat yang kering dan rata atau dengan kelembabpan yang masih belum terlalu mengganggu.

Tips Pemilihan Lokasi Sebelum Mendirikan Tenda Bivak Guna Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Selama Beristirahat Serta Tersedia Sumber Air dan Makanan

Pendirian Tenda Bivak Pada jalur Pendakian

Disaat Musim Pendakian atau pada masa liburan tempat-tempat kemping dan berkemah akan ramai, Begitu pula dengan Pendakian Gunung serta aktifitas outdoor adventure lainnya. Walaupun Tenda Bivak jarang sekali terlihat didirikan atau digunakan namun mungkin saja terjadi masalah ataupun kendala yang memaksa untuk membuat dan mendirikan Tenda Bivak. Ketika hal itu terjadi selain Tips Pemilihan Lokasi Sebelum Mendirikan Tenda Bivak yang telah kami tuliskan diatas ada baiknya mendirikan Tenda Bivak tidak pada jalur pendakian namun agak jauh atau jika memang sempit bisa sedikit keluar jalur pendakian agar tidak menggangu para pendaki lain yang menggunakan jalur pendakian tersebut karena terhalang Tenda Bivak.

Demikianlah artikel “Tips Pemilihan Lokasi Sebelum Mendirikan Tenda Bivak” yang Karang Mulya Rental Tenda tuliskan, Artikel dan gambar diambil dari berbagai sumber. Terimakasih telah mengunjungi website kami, Salam.

Karang Mulya Rental adalah Layanan Jasa Sewa Tenda khususnya Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut 3×3 meter dan 5×5 meter. Wilayah layanan Jasa Rental Tenda meliputi Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Serpong, Banten, dll. Harga Penyewaan Tenda murah dan terjangkau, Pelayanan ramah serta Produk Penyewaan Tenda selalu terawat dengan baik.

Bagikan :)