Tips Dan Trik Menghemat Biaya Listrik Penggunaan AC

Tips Dan Trik Menghemat Biaya Listrik Penggunaan AC

Kali ini Karangmulya Rental AC akan sedikit memberikan Tips Dan Trik Menghemat Biaya Listrik Penggunaan AC (Air Conditioner) Dengan cara memilih jenis AC dan pengaturan ruangan serta cara penggunaan AC yang effektif dan effisien. Produsen Air Conditioner (AC) terus membanjiri pasar dengan berbagai inovasi produk AC yang memiliki fitur modern, Persaingan ini sebenarnya membuka celah untuk kemajuan teknologi yang diimplementasikan pada suatu produk AC, Salah satu tema teknologi yang belakangan ini banyak diusung adalah Hemat Listrik dan Ramah Lingkungan. Para produsen AC seperti terus berlomba membenamkan kedua fitur ini kedalam produk AC mereka.

Teknologi Air Conditioner (AC) hemat listrik dan ramah lingkungan memang benar adanya dan bukanlah suatu kebohongan, Telah banyak masyarakat yang menggunakan dan merasakan manfaat dari teknologi ini. Pada dasarnya peralatan elektroni seperti AC memang memerlukan pasokan listrik yang besar, apalagi jika menggunakan jenis AC konvensional. AC modernpun tetap saja memerlukan pasokan listrik besar yang berarti juga biaya listrik akan besar, Namun jika kita mau mencoba menggunakan jenis tipe AC yang mempu menghemat listrik dan mampu memaksimalkan penggunaan AC penghematan biaya listrik akan didapat. berikut adalah beberapa Tips Dan Trik Menghemat Biaya Listrik Penggunaan AC semoga bermanfaat.

Tips Dan Trik Menghemat Biaya Listrik Penggunaan AC

Sebagai langkah awal dari Tips Dan Trik Menghemat Biaya Listrik Penggunaan AC adalah Sesuaikan luas tempat Anda memasang AC dengan kapasitas kompresor AC mempertahankan suhu ruangan. Kompresor pada AC berfungsi mengalirkan refrigeran (zat penyerap panas) ke seluruh sistem pendingin. Cara kerjanya mengubah tekanan udara yang tinggi menjadi lebih rendah. Jika suhu udara di ruangan cukup tinggi, maka kompresor harus bekerja keras mendinginkan ruangan. Kapasitas AC bisa diukur dari besaran paard kracht (PK).

PK adalah ukuran kekuatan kompresor menghasilkan besaran sumber daya dalam satuan british thermal unit (BTU) untuk mengubah suhu udara. Semakin besar BTU yang diperlukan, semakin tinggi kebutuhan PK AC. Besaran BTU terkait erat dengan luas serta kondisi ruangan. Makin luas ruangan, makin tinggi pula BTU yang dibutuhkan untuk mengatur suhu. Kondisi yang menyebabkan hawa ruangan lebih panas juga membuat kebutuhan BTU lebih besar, misalnya, ruangan berada di lantai dua atau tembok menghadap cahaya matahari langsung.

Sebagai langkah kedua dari Tips Dan Trik Menghemat Biaya Listrik Penggunaan AC adalah memilih Produk AC, Beberapa jenis AC mulai mengaplikasikan teknologi inverter yang bisa mengatur penggunaan listrik sesuai kebutuhan pendinginan secara otomatis. Penggunaan daya pun jauh di bawah AC konvensional sehingga lebih hemat listrik. Sebagai ilustrasi, saat AC dipasang pada suhu 25 derajat celsius, maka kompresor akan bekerja untuk mencapai suhu tersebut. Jika suhu 25 derajat celsius sudah tercapai, AC konvensional akan mati seketika. Sebaliknya, saat suhu ruangan naik, AC konvensional bakal kembali menyala untuk menstabilkan suhu. Aktivitas inilah biang pemborosan listrik yang berujung tagihan tinggi.

Lain cerita jika Anda menggunakan AC inverter. Dengan ilustrasi sama, AC inverter hanya akan menurunkan kecepatan putaran kompresor—tanpa memutus daya—saat suhu ruangan yang diinginkan tercapai. Suhu ruangan pun menjadi lebih stabil—tidak tiba-tiba naik atau turun dan beban kerja kompresor lebih ringan. Penggunaan daya pada AC inverter lebih rendah pula.

AC konvensional 1 PK rata-rata membutuhkan daya sekitar 819 Watt sementara AC inverter—ambil contoh AC inverter Daikin—hanya butuh sekitar 540 Watt. Hitung punya hitung, dari angka di atas, rata-rata ongkos listrik sebuah AC konvensional mencapai Rp 451.400 selama satu bulan dengan asumsi pemakaian 12 jam setiap hari. Pada AC inverter 540 Watt, per bulan Anda hanya perlu membayar Rp 297.626 dengan lama pemakaian sama. Jika diasumsikan Anda memakai dua AC inventer di rumah, penghematan tagihan listrik yang bisa dilakukan mencapai 51 persen.

Sebagai langkah ketiga dari Tips Dan Trik Menghemat Biaya Listrik Penggunaan AC adalah Pengunaan AC, Atur temperatur AC di atas 22 derajat celcius, terlebih jika anda akan memakainya lebih dari delapan jam. Jangan pernah berpikir suhu yang lebih rendah akan menghemat biaya listrik. Karena semakin rendah suhu AC, justru kerja mesin dan komponen AC akan lebih keras. Hal ini menyebabkan penggunaan energi dan listrik yang lebih banyak. Selain itu, perubahan temperatur dari panas ke dingin secara drastis justru dapat membahayakan tubuh, terutama untuk sistem pernapasan.

Atur Setting mode pada pangaturan AC menggunakan mode “Cool” dan bukan “Auto Dry”, Hindari kesalahan pengaturan AC ini karena jika salah meski anda sudah mengatur temperatur di bawah 20 derajat celcius, AC tetap kurang dingin. Fitur Auto Dry dapat mengurangi kelembaban udara ruangan. Kekeringan pada kulit dan kurangnya produksi selaput lendir.

Ketika anda tidak sengaja menekan tombol OFF pada AC padahal baru menyalakannya, sebaiknya jangan buru-buru untuk menghidupkannya lagi. Beri jeda sekitar 5 menit untuk kamu kembali menekan tombol ON. Karena terdapat proses pada komponen AC yang berlangsung saat terjadinya perubahan dari mode ON ke OFF. Pengaturan kembali refrigerant ke dalam sirkulasi membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Sebagai langkah akhir dari Tips Dan Trik Menghemat Biaya Listrik Penggunaan AC adalah Perawatan AC, Kami telah beberapa kali menulis artikel tentang hal ini, Menurut kami ini sangatlah penting sekali karena tidak hanya menyangkut Biaya Listrik namun Kesehatan. Servis AC atau perawatan AC secara berkala dapat menghindari penumpukan debu dan kotoran. Penumpukan debu dan kotoran pada filter AC dapat mengurangi kapasitas kerja mesin dan komponen AC. Alhasil, AC pun memerlukan energi lebih banyak sehingga berdampak pada tagihan listrik yang membengkak. Selang-selang AC juga kerap berjamur dan hal ini juga tidak baik untuk kesehatan.

Demikianlah Tips Dan Trik Menghemat Biaya Listrik Penggunaan AC yang Karangmulya Sewa AC tuliskan, Semoga bermanfaat. Sumber artikel adalah Kompas.Com dan Rumah123.Com.

Bagikan :)