Sejarah Penemuan Kipas Angin Manual dan Listrik

Sejarah Penemuan Kipas Angin Manual dan Listrik dibeberapa negara Serta Mengetahui Siapa Penemu Kipas Angin Listrik, Siapa Penemu Air Conditioner

Sejarah Penemuan Kipas Angin Manual dan Listrik dibeberapa negara Serta Mengetahui Siapa Penemu Kipas Angin Listrik, Siapa Penemu Air Conditioner. Kipas Angin Listrik adalah Kipas Angin yang menggunakan listrik untuk dapat menjalankannya, Listrik diperluakan untuk menggerakan motor penggerak. Kipas Angin listrik dapat dikategorikan sebagai produk elektronik dan Seperti halnya produk elektronik lainnya, Pada Kipas Angin Listrik tentunya ada sejarah yang menyelimutinya, Siapakah Penemu Kipas Angin Listrik untuk pertama kalinya atau perusahaan yang mulai memproduksi masal. Karang Mulya Rental Jasa Sewa Kipas Angin Air akan mencoba untuk mengulas Sejarah Penemuan Kipas Angin Manual dan Listrik pada tulisan artikel kali ini.

Kipas Angin secara umum dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Kipas Angin Manual dan Kipas Angin Listrik. Kipas Angin Manual adalah Kipas Angin Tradisional yang untuk menggunakannya masih memerlukan tenaga manusia sedangkan Kipas Angin Listrik adalah Kipas Angin Modern yang secara otomatis akan bekerja tanpa perlu tenaga manusia. Contoh Kipas Angin Manual seperti, Kipas Sate, Kipas Kertas, dll. Kipas Angin listrik adalah Kipas Angin yang digerakkan menggunakan tenaga listrik, Perkembangan Kipas Angin semakin bervariasi baik dari segi ukuran, penempatan posisi, serta fungsi. Ukuran Kipas Angin Listrik mulai Kipas Angin mini hingga Kipas Angin Air atau Misty Fan yang Karang Mulya Rental Jasa Rental Kipas Angin Air sewakan.

Sejarah Penemuan Kipas Angin Manual dan Listrik

Sejarah Penemuan Kipas Angin Manual dan Listrik – Sejak ditemukannya Listrik oleh oleh Michael Faraday, Telah banyak memunculkan teknologi baru hingga saat ini. Salah satu alat atau produk yang memerlukan listrik untuk dapat menjalankannya adalah Kipas Angin Listrik, Kata Listrik di tambahkan untuk membedakan dengan Kipas Angin lainnya khususnya jenis Kipas Tradisional. Kipas Angin bukanlah alat untuk menghasilkan angin, Karena sesungguhnya angin itu sudah ada dan bergerak kemana-mana, Kipas Angin lebih berfungsi untuk menggerakkan angin sehingga terjadi sirkulasi udara, Semakin cepat pergerakan Kipas Angin maka pergerakan anginpun akan semakin cepat sehingga terjadi perubahan suhu udara yang terasa dingin atau sejuk.

Sejarah Penemuan Kipas Angin

Pada beberapa film dengan tema Kerajaan sering kita lihat adegan dimana seorang raja atau ratu dikipasi oleh satu hingga dua orang dayang, Kipas itu sepertinya menggunakan tongkat dan dibagian atas terdapat bulu burung merak, Ternyata itu memang adalah Kipas Angin Tradisional yang banyak digunakan dikala itu. Kipas Angin pertama ditemukan sekitar 4000 tahun silam pada sebuah makam raja di Mesir yaitu Raja Tutankhamen yang digali pada tahun 1922. Fungsi dari kipas angin yang ditemukan di Mesir pada masa itu sebagai alat upacara keagamaan, sehingga sebuah Kipas Angin merupakan benda yang sakral. Kipas angin juga merupakan lambang kekuatan raja.

Ada dua buah kipas angin yang ditemukan di makan raja. Salah satu kipas angin tersebut gagangnya dilapisi oleh emas dan terbuat dari bulu burung unta, sedangkan yang satu lagi dilapisi eboni dengan emas dan batu-batu berharga. Kipas Angin telah ditemukan beribu tahun silam dan telah digunakan oleh beberapa negara didunia seperti bangsa Mesir, Yunani, Roma, dan China. Pada masa itu kipas angin memiliki berbagai macam bentuk dan fungsi.

Sekitar tahun 1500 Masehi, Italia menjadi negara yang pertama kali memproduksi Kipas Angin. Pada masa itu, Kipas Angin melambangkan kemakmuran seseorang dan juga sebaga simbol kemewahan dan banyak digunakan oleh kaum sosialita atau borjuis. Hingga beberapa abad kemudian Kipas Angin menjadi salah satu komoditas perdagangan. Di negara Spanyol sendiri, Kipas Angin bergeser fungsinya sebagai alat untuk mendinginkan udara.

Sejarah Penemuan Kipas Angin Manual dan Listrik dibeberapa negara Serta Mengetahui Siapa Penemu Kipas Angin Listrik, Siapa Penemu Air Conditioner

Pada beberapa film asia seperti film dari negara Jepang, Korea dan Tiongkok, banyak kita lihat adegan sesorang yang menggunakan Kipas Angin, Bahkan Kipas Angin dapat digunakan sebagai senjata. Di Indonesia sendiri, Kipas Angin Manual atau Kipas Angin Tradisional juga dapat ditemukan, Bahannya terbuat dari bambu, pandan, mendong yang dianyam. Salah satu yang populer adalah Kipas Angin Sate atau Kipas Sate yang banyak digunakan oleh para pedagang sate mulai dulu hingga sekarang, Identiknya berasal dari daerah Madura. Selain itu terdapat Kipas Angin yang menggunakan pandan dan mendong yang masih bisa kita jumpai bahkan kini tampilannya lebih menarik karena diberi motif dan asesoris.

Kipas tidak selalu harus menggunakan alat yang memang difungsikan untuk Kipas Angin tetapi banyak barang lainnya yang dapat digunakan, Seperti dedaunan dari pohon palem, Triplek, Buku, Kertas, dll.

Sejarah Penemuan Kipas Angin Listrik

Siapakah penemu Kipas Angin Listrik ? Penemu Kipas Angin Listrik adalah Seorang Warga Amerika yang bernama Schuyler Skaats Wheeler pada sekitar tahun 1882. Sepertinya halnya kincir air, Kipas Angin Listrik buatan Schuyler Skaats Wheeler belum menggunakan penutup dan masih menggunakan dua buah baling-baling kipas atau blade. Baling-baling pada Kipas Angin Listrik mampu berputar cepat karena dilengkapi dengan motor listrik, Perputaran cepat ini mampu menghasilkan hembusan angin yang kencang sehingga terasa dingin atau sejuk. Walaupun tampilannya masih sederhana, Namun inilah cikal bakal dari Kipas Angin Modern, Salah satu Teknologi baru yang hingga kini terus dilakukan inovasi. Mungkin julukan Bapak Kipas Angin Listrik sangat tepat jika diberikan kepada Schuyler Skaats Wheeler.

Sejarah Penemuan Kipas Angin Manual dan Listrik dibeberapa negara Serta Mengetahui Siapa Penemu Kipas Angin Listrik, Siapa Penemu Air Conditioner

Beberapa orang ahli pengkondisian udara mengatakan, Kipas Angin terbaik adalah Kipas Angin yang diletakan dilangit-langit ruangan, Namun tahukah anda siapa penemu Kipas Angin Listrik yang dapat diletakan di langit-langit ruangan ? dia adalah Philip H. Diehl. Sekitar tahun 1887, Philip H. Diehl memperkenalkan Kipas Angin Listrik yang menempel di langit-langit rumah, Penemuannya ini kemudian dipatenkankan atas nama beliau sendiri.

Perkembangan Kipas Angin Listrik lebih lanjut di kembangkan lagi oleh Philip H. Diehl, Pada tahun 1904 Philip H. Diehl menambahkan sendi split ball pada Kipas Angin Listriknya. Tiga tahun kemudian, ide ini menjadi dasar penemuan Kipas Angin Listrik yang dapat berputar kurang lebih 180 derajat. Penemuan dari Philip H. Diehl kemudian di produksi masal dan seterusnya dijual kepasaran, Kipas Angin Listrik dapat diterima Masyarakat kala itu dan menjadi barang mewah. Sebelum Air Conditioner ditemukan, Kipas Angin Listrik tetap menjadi alat pendingin utama baik dirumah maupun diperkantoran.

Baca Juga:Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan Kipas Angin Dengan AC

Sejak masa lampau manusia telah berusaha untuk mencari cara untuk dapat mendinginkan ruangan, Angin dan Air adalah yang paling banyak dimanfaatkan. Kipas Angin adalah salah satu alat yang dianggap berhasil, khususnya Kipas Angin listrik dan masyarakat masih tetap setia menggunakannya meskipun telah ada alat pendingin baru yang lebih bisa mendinginkan ruangan. alat pendingin ruangan itu adalah air conditioning atau Air Conditioner yang disingkat AC, Air Conditioner (AC) adalah salah satu perkembangan dari Kipas Angin Listrik, Teknologi Pengkondisian Udara terbaru yang ditemukan oleh Willis Carrier pada sekitar tahun 1902.

Kipas Angin bukanlah alat untuk menghasilkan angin, Karena sesungguhnya angin itu sudah ada dan bergerak kemana-mana, Kipas Angin lebih berfungsi untuk menggerakkan angin sehingga terjadi sirkulasi udara, Semakin cepat pergerakan Kipas Angin maka pergerakan anginpun akan semakin cepat sehingga terjadi perubahan suhu udara yang terasa dingin atau sejuk ditubuh. Berbeda halnya dengan Air Conditioner (AC) yang memang dibuat sebagai alat pendingin suhu udara, Cara kerja AC jauh lebih rumit dari pada Kipas Angin listrik dan pada AC terdapat komponen khusus yaitu refiregant.

Demikianlah tulisan singkat tentang Sejarah Penemuan Kipas Angin Manual dan Listrik yang Karang Mulya Rental Jasa Penyewaan Kipas Angin Air tuliskan, Artikel dan gambar diambil dari berbagai sumber. Terimakasih telah mengunjungi website kami, Salam.

Karang Mulya Rental adalah Layanan Jasa Sewa Kipas Angin Air atau Misty Fan. Wilayah layanan Jasa Rental Kipas Angin Air meliputi Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Serpong, Banten, dll. Harga Penyewaan Kipas Angin Air dan terjangkau, Pelayanan ramah serta Produk Sewa Kipas Angin Air selalu terawat dengan baik.

Bagikan :)