PLN Sumatera Utara Siapkan 134 Genset Akibat Krisis Listrik

PLN Sumatera Utara Siapkan 134 Genset Akibat Krisis Listrik

Pemadaman Listrik memang sering terjadi, Tidak hanya Di Jakarta saja di koto-kota lain diseluruh Indonesia juga demikian, Listrik memang telah menjadi kebutuhan utama terutama masyarakat perkotaan. Alternative untuk perangkat penghasil listrik adalah genset (Generator SET), Namun harga genset yang mahal membuat sebgaian besar masyarakat tidak mampu untuk membelinya, Melihat dari sisi ini maka Karang Mulya mencoba untuk membuat usaha Rental Dan Sewa Genset guna membantu masyarakat yang memerlukan pasokan listrik yang besar, mantab dan stabil dengan harga sewa yang cukup terjangkau.

Beberapa bulan belakangan ini permasalahan pemdaman listrik sering kali dikeluhkan oleh masyarakat Sumatera Utara, Pemadaman listrik yang sering terjadi dianggap sudah tidak wajar. Bahkan pada tanggal 2 April 2014 Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono telah menginstruksikan kepada pihak-pihak yang berwenang untuk mengatasi masalah krisis listrik di Sumatera Utara ini. PT PLN (Persero) selaku lembaga yang khusus menangani listrik tentu saja mendapat kecaman dan cibiran dari masyarakat Sumatera Utara, Bahkan PLN dianggap telah gagal dan kinerjanya harus di evaluasi mulai dari para pejabat, program kerja, sistem dan pelayanan dan lainnya.

Defisit Listrik Membuat Krisis Listrik Di Sumatera Utara

Banyak faktor dan hal-hal yang membuat terjadinya Krisis Listrik di Sumatera Utara, Menurut PLN faktor utama adalah Jumlah yang kurang dan sering bermasalahnya PLTP, PLTA, PLTG yang ada di Sumatera Utara. Pembangkit Listrik yang ada sudah tidak dapat menyuplai kebutuhan listrik Masyarakat Sumatera Utara yang setiap tahunnya terus mengalami pembengkakan. Meskipun terlambat namun PLN telah membuat beberapa pembangkit Listrik yang baru dan memperbaiki Pembangkit listrik lama yang rusak.

Faktor lain penyebab lambatnya penangan krisis listrik si Sumatera Utara menurut Direktur Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK) Sumut, Farid Wajdi adalah, Masalah ketersediaan listrik yang selalu kurang ini terjadi lantaran komitmen pemerintah yang tidak kuat. Namun belum ada keseriusan baik dari pemerintah maupun PLN sendiri untuk benar-benar menyelesaikan masalah pasokan listrik yang selalu kurang setiap tahun.

Ada niatan untuk menyelesaikan, tapi PLN sendiri ternyata tidak mampu, akhirnya dipaksakan. Hal itu kemudian berdampak pada jumlah subsidi listrik yang seharusnya dapat ditekan tetapi justru semakin membengkak. Itu terjadi karena ada masalah mental yang belum beres di lingkaran birokrasi PLN dan yang mempunyai kaitan dengannya,” ujarnya.

Di Sumut, lanjutnya, para pemimpinnya sibuk dengan agenda sendiri dan cenderung mengabaikan situasi sosial, politik dan ekonomi yang terjadi saat ini. Akibatnya, Sumut seperti sedang mengalami kekosongan kepemimpinan. Dan rakyat harus merespon fenomena ini secara bijaksana. Betapa tidak, para pemimpin di daerah tidak hadir (in absentia) dalam persoalan mengurus krisis listrik.

Untuk menyelesaikan krisis listrik yang telah begitu akut dan kritis, sepertinya tidak memerlukan kehadiran pemerintah. Sebab krisis listrik berupa pemadaman bergilir 3-5 jam per hari rakyat dan swasta sepertinya telah memiliki naluri untuk tetap berjalan menjalani kehidupan.”Bahkan, sialnya pemerintah malah dianggap sekadar berbasa-basi oleh masyarakat dan swasta akibat buruknya pola komunikasi dan posisi tawar pemerintah daerah,” sebutnya.

Antisipasi Pemadaman Listrik Saat Ramadhan, PLN Siapkan 134 Genset

Meskipun mayotiras masyarakat Sumatera Utara bukan beragama Islam, Namun pastinya masih ada minoritas. Walau dalam jumlah kecil tetap saja mereka adalah warga negara Indonesia yang harus di beri kebebasan dalam beribadah. Toleransi antar umat beragama harus di junjung tinggi dan dimasyarakatkan. Mengingat juga bahwa beberapa hari lagi Kaum Muslimin akan melaksanakan ibadah Puasa di bulan Ramadhan, Bagi kaum muslimin ibadah ini adalah ibadah wajib dan spesial. Pada bulan Ramadhan beberapa ibadah dilakukan pada waktu malam yang pastinya memerlukan penerangan.

Menjawab masalah ini pihak PLN Sumatera Utara telah mengantisipasinya, Walaupun pihak PLN tidak menjamin tidak adanya pemadaman Listrik saat Ramadhan, Namun PLN menyiapkan antisipasi daya listrik antara lain dengan menyiapkan 134 unit genset yang tersebar di seluruh rayon di area pelayanan, dan di Area Medan disaipakan 23 Genset Tambahan. Genset-genset itu akan mengcover kegiatan di masjid ataupun mushola yang harus tetap mendapatkan penerangan.

Sumber: www.medanbisnisdaily.com

Karang Mulya adalah perusahaan yang bergerak di bidang Rental Dan Sewa Genset yang berlokasi di Cileduk Tangerang. Cakupan wilayah Jasa Persewaan Genset kami adalah Jabodetabek. Kami tidak menutup kesempatan apabila ada pesanan dari luar wilayah yang kami sebutkan.

  Layanan Jasa Karang Mulya Rental

Karang Mulya adalah Layanan Jasa Sewa AC Standing 3PK dan 5PK, Sewa Tenda Kerucut atau Sarnafil, Sewa Misty Fan atau Misty Cool serta Sewa Genset. Cakupan Wilayah Kerja meliputi, Jakarta, Tangerang, Banten, Cileduk, Bekasi, Serpong, Depok, Bogor, Dll.

Bagikan :)