Persyaratan Refrigerant Yang Baik Pada Sebuah AC

Persyaratan Refrigerant Yang Baik Pada Sebuah AC

Kali ini Karang mulya sebagai Rental dan Sewa AC Standing akan membahas tentang Persyaratan Refrigerant Yang Baik Pada Sebuah AC atau pada mesin pendingin. Mesin pendingin udara ruangan (Air Conditioner/AC) adalah alat yang menghasilkan dingin dengan cara menyerap udara panas sekitar ruangan. Proses udara menjadi dingin adalah akibat dari adanya pemindahan panas. Sedangkan bahan yang digunakan sebagai bahan pendingin dalam mesin pendingin disebut refrigeran.

Sistem refrigerasi sangat menunjang peningkatan kualitas hidup manusia. Kemajuan dalam bidang refrigerasi akhir-akhir ini adalah akibat dari perkembangan sistem kontrol yang menunjang kinerja dari sistem refrigerasi. Apalikasi dari sistem refrigerasi tidak terbatas, tetapi yang paling banyak digunakan adalah untuk pengawetan makanan dan pendingin suhu, misalnya lemasi es / freezer, cold strorage, air conditioner, AC Window, AC split, AC mobil dan AC Floor Standing .

Dengan perkembangan teknologi saat ini, refrigeran (bahan pendingin) yang di pasarkan dituntut untuk ramah lingkungan, disamping aspek teknis lainnya yang diperlukan. Apapun refrigeran yang dipakai, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing oleh karena itu, diperlukan kebijakan dalam memilih refrigeran yang paling aman berdasarkan kepentingan saat ini dan masa yang akan datang. Selain itu, tak kalah pentingnya adalah kemampuan dan ketrampilan dari para teknisi untuk mengaplikasikan refrigeran tersebut, baik dalam hal mekanisme kerja sistem, pengontrolan maupun keselamatan kerja dalam pemakaiannya.

Persyaratan Refrigerant Yang Baik Pada Sebuah AC

Refrigerant memainkan peran yang paling penting pada siklus pendinginan. Beberapa jenis refrigerant tersedia untuk beberapa tipe penggunaan. Karakteristik yang paling kritis dari refrigerant adalah dengan mudah akan mencair atau menguap pada temperatur normal atau temperatur rendah. Walau bagaimanapun, hanya sedikit refrigerant yang digunakan pada Air Conditioner (AC), tergantung pada beberapa kondisi, seperti tipe kompresor, temperatur penguapan (tekanan), dan temperatur kondensasi (tekanan).

1.Persyaratan Refrigerant

Secara umum, Persyaratan Refrigerant Yang Baik Pada Sebuah AC atau mesin pendingin adalah sebagai berikut :

KONDISI KONDISI
1.Tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. • Tidak akan menyebabkan orang merasa tidak nyaman.
2.Tidak mudah terbakar atau meledak. Tidak berbahaya bagi manusia dan binatang • Untuk mencegah kebakaran dan kerusakan pada unit dan peralatan yang berhubungan. Untuk mencegah bahaya bagi manusia dan binatang.
3.1. Mudah untuk diuapkan pada temperatur rendah dan diatas tekanan atmosfir.
3.2. Mudah untuk dicairkan pada tekanan rendah bahkan jika udara luar panas.
• Untuk mencegah kebocoran udara luar kedalam siklus pendinginan.
• Sehingga suku cadang didalam mekanisme siklus tidak perlu terlalu kuat.
4.Panas laten dalam penguapan besar dan volume jenis kecil. • Kerja pendinginan besar dengan jumlah refrigerant sedikit.
• Sehingga kompresor yang digunakan kecil.
5.Temperatur kritis tinggi dan titik beku rendah. • Untuk mencegah penguapan pada temperatur kritis yang rendah dan dengan demikian mencegah penyerapan panas dari refrigerant.
• Jika titik bekunya tinggi, refrigerant akan mengeras pada temperatur biasa menggantikan penguapan.
6.Secara kimia stabil, tidak akan berkarat • Untuk mencegah refrigerant dari reaksi kimia dengan zat lain dalam siklus pendinginan.
• Untuk mencegah tersumbat dan melebur.
7.Bisa dipakai untuk cakupan yang luas terhadap temperatur udara luar. • Jangan sampai, jika tekanan naik drastis pada cuaca panas atau tekanan turun drastis pada cuaca dingin, suku cadang akan rusak atau siklus pendinginan akan tidak stabil.
8.Kebocoran refrigerant mudah ditemukan • Untuk mempermudah menemukan dan memperbaiki titik kebocoran, sehingga menjamin stabilnya kerja pendinginan.
9.Harga murah • Untuk menjaga biaya operasional rendah

Amonia dan freon adalah tipe gas yang memenuhi persyaratan yang banyak digunakan. Air Conditioner (AC) selalu menggunakan gas tipe freon karena safety dan ukuran yang kecil dari sistem pendinginan.

2.Tipe gas freon

Ada banyak tipe dari gas freon, yang secara garis besar dapat dibagi menjadi dua grup : tipe methane dan tipe ethane. R-12 telah digunakan secara luas dan biasanya freon tersebut diartikan R-12. R-12 dijual dibawah merek dagang Difreon 12 atau Freon 12.

Sumber: Elemen Dasar Sistem Refrigerasi (DEPDIKBUD) | Dari Berbagai Sumber

Jika anda memerlukan Jasa Rental dan Sewa AC Standing anda telah berada ditempat yang tepat, Karena Kami Karang Mulya bergerak dibidang Jasa Sewa Dan Rental AC Standing. Harga Penyewaan AC Standing sangatlah terjangkau dan Produk Rental pun terawat dengan baik.

Bagikan :)