Perbedaan Antara Air Cooler Dengan Air Conditioner

Penulisan artikel Perbedaan Antara Air Cooler Dengan Air Conditioner ini, bermula ketika kami melihat sebuah iklan di sebuah forum online. Dari penelusuran google, kami cukup tertarik ketika melihat sebuah link yang intinya adalah menawarkan produk Air Conditioner Mini Portable. Karang Mulya sebagai Jasa Rental dan Sewa AC Portable yang setiap harinya bergelut dengan AC Portable, Belum pernah mengetahui adanya produk AC Mini Portable, Namun sebelum masuk ke link tersebut di benak kami telah menduga bahwa produk tersebut hanyalah sebuah Misty Fan atau Air Humidifier dan biasa disebut Air Cooler atau Cooling Fan yang menggunakan teknologi Mist System dan bukanlah sebuah Air Conditioner.

Seperti dugaan kami sebelumnya, produk AC Mini Portable ternyata hanyalah sebuah Mini Air Cooler “Personal Evaporative Cooling Fan” dan benar-benar bukanlah sebuah Air Conditioner. Kepopuleran Air Conditioner sebagai pendingin udara membuat penjual Air Cooler terkadang menyamakannya dengan Air Conditioner, Jelas ini salah kaprah atau mungkin hanyalah karena penjual Air Cooler belum mengetahui secara pasti apakah Air Conditioner itu. Untuk itu ada baiknya kita belajar bersama tentang Perbedaan Antara Air Cooler Dengan Air Conditioner ini, agar pemikiran yang salah kaprah itu dapat di luruskan dan calon pembeli Air Cooler nantinya tidak kecewa akan barang yang dibelinya.

Air Cooler atau Air Humidifier

Air Cooler atau Air Humidifier adalah sebuah alat yang dapat menghasilkan udara sejuk dan termasuk dalam perangkat pendingin udara atau penyejuk udara. Belakangan ini bentuk dan diameter dari sebuah Air Cooler di buat lebih mini dan hadir dengan desain medern dan futuristik. Dengan ukurannya yang mini tersebut, maka mobilitas akan semakin mudah, Mudah di pindah-pindah tempat dan di bawa kemana-mana, karena sekarang ini ada juga Air Cooler mini yang ukurannya panjangnya hanya 15 CM sehingga dapat di masukan di tas.

Perbedaan Antara Air Cooler Dengan Air Conditioner

Cara kerja dari sebuah Air Cooler keluaran Honeywell

Sebuah Air Cooler di lengkapi dengan tabung atau bak yang nantinya akan di isi air, beberapa air Cooler menggunakan bantalan busa yang nantinya dapat di siram air. Pada operasionalnya air dari bak akan di semprotkan berbarengan dengan hembusan angin yang berasal dari kipas Air Cooler, Udara yang dihasilkan akan terasa sejuk namun lembab dan basah. Agar kesejukan semakin terasa, beberapa pengguna Air Cooler menambahkan es pada tangki bak air dari Air Cooler mereka. Semakin lama Air Cooler ini digunakan maka kelembapan akan semakin tinggi, mungkin dapat kami katakan basah, seperti ketika kita sedang berada di area berkabut. Ketika cuaca sedang panas, Air Cooler cukup nyaman juga untuk digunakan.

Pada dasarnya Air Cooler ini adalah sebuah Misty Fan, Sama seperti yang kami miliki Baca: Rental Misty Fan. Hanya saja produk kami berukuran lebih besar dan memang dikhususkan untuk penggunaan outdoor dan indoor pada area luas. Teknologi yang digunakan adalah Misting System dimana idenya adalah bagaimana membuat gerimis buatan. Dapat kita bayangkan sendiri bagaimanasih kalau sedang gerimis, Udara terasa sejuk, lembab dan pastinya basah. Air Cooler pun demikian adanya, namun ukurannya kebanyakan lebih kecil dan hanya untuk digunakan pada area terbatas.

Konsumsi listrik yang diperlukan untuk sebuah Air Cooler tidaklah terlalu besar, sekitar 6 watt hingga 300 watt saja, tergantung dari ukuran air cooler itu sendiri, Untuk Air Cooler kecil biasanya menggunakan baterai, daya baterai biasanya paralel dan non paralel sekitar 6 watt, Sedangkan untuk Air Cooler yang lebih besar menggunakan listrik antara 50 watt hingga 80 watt. Untuk Air Cooler yang kami miliki memerlukan konsumsi listrik antara 100 watt hingga 150 watt, Sedangkan untuk Air Cooler yang berukuran jumbo, satahu kami memerlukan konsumsi listrik antara 200 hingga 300 watt.

Hampir semua Air Cooler menghasilkan udara sejuk namun lembab, dikarenakan berbahan pendingin air dan bukan gas. Kelembapan ini juga dapat menjadi masalah kesehatan tersendiri, Apalagi ditambah udara yang bercampur debu karena teknologi filterisasinya yang hanya apa adanya. Mungkin kedepannya dapat dilakukan inovasi teknologi pada peningkatan Filterisasi dan Teknologi pembasmi kuman, bakteri dan virus. Air Cooler tidak menggunakan teknologi yang kompleks sehingga perawatan mudah dan dapat dilakukan sendiri tanpa perlu menggunakan Jasa Profesional.

Air Conditioner / Air Conditioning (AC)

Air Conditioner / Air Conditioning (AC) atau alat pengkondisi udara merupakan modifikasi pengembangan dari teknologi mesin pendingin. Alat ini dipakai bertujuan untuk memberikan udara yang sejuk dan menyediakan uap air yang dibutuhkan bagi tubuh. Suhu udara pada saat musim panas yang sedemikian tinggi dapat mengakibatkan dehidrasi cairan tubuh yang dapat mengakibatkan kematian. Selain itu, Air Conditioner dimanfaatkan sebagai pemberi kenyamanan. Di lingkungan tempat kerja Air Conditioner juga dimanfaatkan sebagai salah satu cara dalam upaya peningkatan produktivitas kerja. Tingkat kenyamanan suatu ruang juga ditentukan oleh temperatur, kelembapan, sirkulasi dan tingkat kebersihan udara.

Perbedaan Antara Air Cooler Dengan Air Conditioner

Sebuah Air Conditioner Portable dengan desain mini serta tidak memerlukan Unit Outdoor namun masih memerlukan saluran selang untuk keluar

Air Conditioner / Air Conditioning (AC) adalah alat yang menghasilkan dingin dengan cara menyerap udara panas sekitar ruangan. Proses udara menjadi dingin adalah akibat dari adanya pemindahan panas. Sedangkan bahan yang digunakan sebagai bahan pendingin dalam mesin pendingin disebut Refrigeran. Sebagai informasi bahwa Refrigeran ini tidak hanya digunakan pada Air Conditioner tapi juga digunakan pada Frezzer dan Kulkas, hanya saja tipe dari Refrigeran yang membedakannya, sebuah Air Conditioner memerlukan Refrigeran khusus begitupula yang lainnya.

Air Conditioner / Air Conditioning (AC) ini disebut-sebut sebagai alat yang rakus akan sumber daya (listrik), Walaupun telah banyak penerapan teknologi untuk efisiensi tapi tetap saja pengurangannya tidaklah terlalu signifikan. Teknologi yang kompleks membuat perawatannya memerlukan bantuan profesional dengan peralatan khusus.

Air Conditioner tidak hanya dirancang sebagai pendingin udara namun juga sebagai alat kesehatan, Udara yang dihasilkan kering dan dingin. Berbagai inovasi teknologi untuk peningkatan kesehatan terus dilakukan, seperti Teknologi Virus Doctor yang dapat mematikan virus dan bakteri, Teknologi Skin Care untuk menjaga kelembapan kulit sehigga kulit tidak kering dan keriput. Teknologi filter untuk memastikan tidak adanya udara bercampur debu juga terus di tingkatkan.

Perbedaan Antara Air Cooler Dengan Air Conditioner

Dari urain singkat di atas, setidaknya kita telah dapat mengambil beberapa kesimpulan tentang Perbedaan Antara Air Cooler Dengan Air Conditioner ini, Berikut kami tuliskan pada tabel di bawah ini beberapa perbedaannya:

Air Conditioner Air Cooler
Menggunakan bahan pendingin Refrigeran (Gas) Menggunakan bahan pendingin Air
Konsumsi listrik yang diperlukan besar Konsumsi listrik yang diperlukan relatif kecil
Uap air kering Uap air lembab dan basah
Perawatan mahal dan memerlukan Jasa Profesional Perawatan mudah dan murah serta dapat dilakukan sendiri
Tingkat dingin dapat diatur hingga mendapatkan tingkat suhu tertentu dan berkelanjutan terus menerus Tingkat dingin tetap, Jika ingin lebih dapat di upayakan dengan penambahan es batu, tidak berkelanjutan kecuali dilakukan isi ulang air dan es batu
Dapat mematikan virus, bakteri, jamur,parasit dan kuman Karena udara dingin, lembab dan basah. Hal ini justru memungkinkan hadirnya virus, bakteri, jamur,parasit dan kuman
Udara tidak bercampur dengan debu Udara bercampur dengan debu
Harga lebih mahal Harga lebih murah dan terjangkau
Agak sulit untuk di pindah-pindah apa lagi di bawa-bawa Mudah untuk dipindah bahkan di bawa-bawa
Dingin dan mendinginkan pada ruang secara keseluruhan dengan jangkauan luas Dingin pada satu arah dengan jarak terbatas
Secara tidak langsung merupakan alat kesehatan -

Dari penjelasan singkat di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa Air Cooler itu bukanlah sebuah Air Conditioner, Sangat jauh berbeda antara Air Cooler dengan Air Conditioner dan yang pasti belum ada produk yang bernama AC Mini Portable, AC Portable itu lebih dikenal dengan AC Floor Standing, Dan yang perlu kita ketahui bersama bahwa sebuah Air Conditioner Portable atau Air Conditioner Floor Standing yang beredar itu tidak ada yang berdaya kecil, Minimalnya adalah 1PK. Bandingkan dengan produk AC split yang minimalnya adalah 1/2 PK atau 0.5 PK

Tulisan ini dibuat tidak untuk menjatuhkan atau menjelekan akan suatu produk, Semua produk yang di lempar kepasar tentunya telah melalui kajian akan pangsa pasar mereka masing-masing. Artikel ini bersumber dari kami sendiri, Gambar diambil dari website penjual Air Cooler dan Air Conditioner.

Bagikan :)