Peningkatan PK AC Pada Sistem AC KA Logawa

Perombakan Sisitem AC (air Conditioner) dengan menganti AC dan memodifikasi desain jendela agar lebih tertutup kini tengah dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop V Purwokerto pada beberapa Kereta Api mereka khususnya pada kelas ekonomi. Selain KA Logawa, sistem AC pada semua KA ekonomi keberangkatan Daop V Purwokerto misalnya KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasarsenen, KA Serayu jurusan Purwokerto-Jakarta dan KA Kutojaya Selatan jurusan Kutoaarjo-Kiaracondong juga akan dilakukan perubahan secara bertahap. Untuk saat ini prioritas utama adalah pada KA Logawa, Keputusan ini diambil dengan alasan jarak tempuh.

Kereta api Logawa atau KA Logawa adalah salah satu rangkaian kereta api kelas ekonomi AC jarak jauh yang melayani rute Jember-Purwokerto via Surabaya Gubeng dan sebaliknya. Perjalanan kereta api ini dilakukan pada pagi hari, Mulai 1 April 2014 harga tiketnya adalah Rp 50.000,00 dari semula Rp 100.000,00. Nama LOGAWA berasal dari sebuah Sungai yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Rute yang jauh sekitar 675 km dengan waktu tempuh sekitar 13 jam dan keberangkatan di pagi hari pastinya hampir di sepanjang perjalanan KA Logawa akan diterpa sinar matahari secara langsung, Ini akan sangat tidak nyaman khususnya ketika musim panas (Kemarau). Keberadaan jendela tentunya sangat membantu namun hal ini di rasa kurang hingga diputusakan untuk mengganti penyejuk tradisonal dengan teknologi modern demi kenyamanan para penumpang kereta api walaupun dari kelas ekonomi.

Pada KA Logawa awalnya menggunakan 6 unit AC (Air Conditioner) berkekuatan 1 PK (perunit), Peningkatan PK AC Pada Sistem AC KA Logawa Untuk meningkatkan kenyamanan penumpang sistem AC ini ditingkatkan menjadi 4 unit berkekuatan 2 PK dan 2 unit berkekuatan 1 PK untuk setiap keretanya. Pekerjaan penggantian AC telah di lakukan pada awal bulan ini, Dikerjakan secara bertahap agar tidak mengganggu operasional dan target akhir Oktober penggantian AC di KA Logawa ini sudah selesai semua.

Selain Peningkatan PK AC Pada Sistem AC KA Logawa dari 1 PK ke 2 PK, untuk menunjang kinerja sistem pendinginan udara kereta, PT KAI Daop V juga mengganti desain jendela kereta ekonomi dari dua bidang menjadi hanya satu bidang tiap jendelanya. Kaca jendela dari jenis kaca biasa juga diganti menggunakan jenis acrilic berketebalan 10 milimeter.

Kaca jenis acrilic ini lebih tahan terhadap pelemparan batu karena sifatnya yang lentur. Selain lebih aman untuk penumpang, biaya penggunaan kaca acrilic juga lebih efisien. Namun sesuai Standar Pelayanan Minimum (SPM), masih tersedia dua jendela yang menggunakan kaca asli pada setiap gerbongnya. Tujuannya agar mudah dipecah saat dalam kondisi darurat. Pada tiap jendela dengan jenis kaca asli ini akan dipasang stiker lengkap dengan palu pemecah kaca dalam situasi darurat. Sehingga penumpang akan mudah menemukan jendela mana yang bisa dipecah untuk evakuasi.

Diharapkan Peningkatan PK AC Pada Sistem AC KA Logawa dari 6 PK menjadi 10 PK tiap keretanya, kinerjanya akan lebih maksimal memberikan kenyamanan kepada penumpang selama dalam perjalanan. Kami dari karangmulya sebagai Rental dan Sewa AC Standing memberikan apresiasi yang tinggi kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop V Purwokerto, Terimaksih.

SUMBER: jogja.tribunnews.com, Wikipedia.Org.

Jika anda memerlukan Jasa Rental dan Sewa AC Standing anda telah berada ditempat yang tepat, Karena Kami Karang Mulya bergerak dibidang Jasa Sewa Dan Rental AC Standing. Harga Penyewaan AC Standing sangatlah terjangkau dan Produk Rental pun terawat dengan baik.

Bagikan :)