Mengenal Biogas Dan Contoh Pemanfaatannya

Kali ini karang Mulya sebagai Rental Dan Sewa Genset akan membahas mengenai Mengenal Biogas Dan Contoh Pemanfaatannya. Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk di antaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik.

Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme pada kondisi langka oksigen (anaerob). Komponen biogas antara lain sebagai berikut : ± 60 % CH4 (metana), ± 38 % CO2 (karbon dioksida) dan ± 2 % N2, O2, H2, & H2S. Biogas dapat dibakar seperti elpiji, dalam skala besar biogas dapat digunakan sebagai pembangkit energi listrik, sehingga dapat dijadikan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan terbarukan. Sumber energi Biogas yang utama yaitu kotoran ternak Sapi, Kerbau, Babi dan Kuda.

Biogas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik sangat populer digunakan untuk mengolah limbah biodegradable karena bahan bakar dapat dihasilkan sambil Mengurai dan sekaligus mengurangi volume limbah buangan. Metana dalam biogas, bila terbakar akan relatif lebih bersih daripada batu bara, dan menghasilkan energi yang lebih besar dengan emisi karbon dioksida yang lebih sedikit. Pemanfaatan biogas memegang peranan penting dalam manajemen limbah karena metana merupakan gas rumah kaca yang lebih berbahaya dalam pemanasan global bila dibandingkan dengan karbon dioksida. Karbon dalam biogas merupakan karbon yang diambil dari atmosfer oleh fotosintesis tanaman, sehingga bila dilepaskan lagi ke atmosfer tidak akan menambah jumlah karbon di atmosfer bila dibandingkan dengan pembakaran bahan bakar fosil.

Saat ini, banyak negara maju meningkatkan penggunaan biogas yang dihasilkan baik dari limbah cair maupun limbah padat atau yang dihasilkan dari sistem pengolahan biologi mekanis pada tempat pengolahan limbah.

Mengenal Biogas Dan Contoh Pemanfaatannya

Pemanfaatan Kotoran Ternak untuk Biogas

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, mendorong pemanfaatan kotoran ternak untuk bahan bakar biogas. Pemanfaatan kotoran hewan untuk bahan bakar biogas sudah dilaksanakan di Kampung Sukarame, Kecamatan Carita, dan kami akan terus mendorong untuk dikembangkan di daerah lain,” kata Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pandeglang Winarno di Pandeglang.

Di Sukarame ada peternakan kerbau dengan populasi 65 ekor, dan kotoran dari hewan itu ditampung dalam sebuah lobang berdiameter 4 meter. Energi yang dihasilkan dari kotoran hewan itu disalurkan pada sebuan genset dan kemudian bisa menghasilkan listrik. Listrik yang dihasilkan memang hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan peternakan, mulai memasak hingga penerangan.

Warga setempat sebenarnya sudah ditawari untuk memanfatkan listrik dari peternakan itu, namun belum ada yang berminat karena sebagian besar juga telah mendapat pelayanan listrik.

Winarno menyatakan, tidak semua kotoran hewan di peternakan itu ditampung dalam lobang, karena kepasitasnya relatif kecil, yakni hanya mampu untuk kotoran 20 ekor saja. Dengan memanfaatkan kotoran 20 ekor kerbau saja energi yang dihasilnya cukup besar. Kalau seluruhnya mungkin akan lebih tinggi lagi listrik yang diproduksi.

Winarno juga menyatakan, akan memanfaatkan kotoran kerbau di peternakan di Sukanegara untuk bahan baku biogas. Kalau yang di Sukarame sudah berjalan selama dua tahun, dan sekarang kita sedang mempersiapkan kegiatan yang sama di peternakan di Sukanegara.

Sumber:
- Wikipedia.org
- http://skalanews.com/berita/detail/188130/Pandeglang-Dorong-Pemanfaatan-Kotoran-Ternak-untuk-Biogas
- Dari berbagai sumber

Karang Mulya adalah perusahaan yang bergerak di bidang Rental Dan Sewa Genset yang berlokasi di Cileduk Tangerang. Cakupan wilayah Jasa Persewaan Genset kami adalah Jabodetabek. Kami tidak menutup kesempatan apabila ada pesanan dari luar wilayah yang kami sebutkan.

Bagikan :)