Kipas Angin Air Kurang Dingin Coba Cara Ini

Saat cuaca sedang panas, matahari mengeluarkan cahaya teriknya yang menyengat, Manusia berusaha menemukan cara-cara guna mendinginkan serta menurunkan suhu panas. Penggunanaan alat penyejuk dan pendingin udara kadang dirasa kurang effektif dalam mengusir masalah panas, Dilakukanlah inovasi guna mengakali situasi dan kondisi ini. Jika berada didalam ruangan dan anda termasuk beruntung memiliki alat pendingin udara seperti Air Conditioner mungkin anda tidak perlu repot-repot mengakali, Karena Air Conditioner sudah terbukti mampu mendinginkan udara.

Pada artikel ini Karang Mulya Rental Jasa Sewa Kipas Angin Air Murah Di Jakarta, Tengerang, Bekasi akan memberikan tips tentang memaksimalkan Kipas Angin Air agar lebih dingin lagi, Selain itu terdapat tulisan Rancang Bangun Pendingin Udara Sederhana yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Alat pendingin udara ini sederhana, murah, dan portable serta memiliki efektivitas kerja yang baik sebagai pendingin udara, dengan parameter suhu output alat yang rendah. alat ini adalah karya Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY.

Kipas Angin Air Kurang Dingin Coba Cara Ini

Kipas Angin Air atau Kipas Angin Embun / Kabut adalah sebuah Misting System yang idenya adalah bagaimana membuat gerimis, tidak hanya gerimis namun suasana dibuat seolah ketika cuaca akan hujan. Kipas Angin Air berbentuk Kipas Angin Besar dilengkapi dengan tempat air dan selang-selang. Pada Kipas Angin Air, Sistem yang digunakan dalam penghembusan air memakai kompresor angin serta pompa air, cara kerjanya air dari pompa setelah sampai pada nozzel akan di tiup oleh kompresor angin sehingga akan menghasilkan gerimis. Terdapat dua selang yang digunakan yaitu satu untuk air dan satunya lagi untuk angin.

Jika anda menggunakan Kipas Angin Air atau Misty Fan dan merasa air hembusan dari Kipas Angin Air dirasa kurang dingin, anda dapat mencoba memasukan es kedalam tabung air Kipas Angin Air. Karang Mulya Jasa Rental Kipas Angin Air Murah Di Jakarta, Tengerang, Bekasi telah mencobanya dan terbukti suhu ruangan menjadi lebih dingin. Kami hanya melakukan pengetesan untuk mendinginkan suhu ruangan dan bukan untuk langsung menerpa tubuh manusia, Jika untuk langsung ke tubuh manusia, mungkin cukup di belakang kipas ditambahkan rangkaian pipa alumunium atau tembaga yang aliri oleh air. Air bolak-balik mengunakan pompa dan di dalam bak air di tambahkan es. Pipa alumunium dan tembaga sangat sensitif terhadap suhu, semakin dingin air didalam bak, maka hembusan angin akan terasa semakin dingin. Cara ini adalah alternatif lain agar Kipas Angin Air Lebih Dingin, Cara ini juga dapat di terapkan pada Kipas Angin Air portable atau Kipas Angin Air lainnya.

Trik Membuat Air Cooler Sederhana

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY, yaitu Mohamad Aziz Ali, Adzkia Sufi Fauziyah, Rizky Aji Saputra, berhasil membuat inovasi yaitu membuat rancang bangun pendingin udara sederhana.

Ketua tim, Azis, menjelaskan bahwa dewasa ini penggunaan mesin pendingin udara Air Conditioner (AC) semakin marak. Mesin pendingin menjadi kebutuhan utama untuk tempat-tempat umum seperti gedung perkuliahan, gedung perkantoran, hotel, supermarket, restoran, bar, dan tentu saja tempat tinggal yang secara umum ditempati banyak orang dimana kenyamanan udara menjadi sangat penting.

Kipas Angin Air Kurang Dingin Coba Cara Ini terbukti lebih sejuk dan dingin disertai trik membuat air cooler sederhana buatan salah satu mahasiswa Indonesia

Namun penggunaan AC mengeluarkan biaya operasional listrik yang relatif besar. Tentunya pembiayaan tersebut memberatkan jika AC digunakan untuk keperluan rumah tangga. Dari hal tersebut kami membuat terobosan dengan membuat rancang bangun pendingin udara sederhana yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Alat pendingin udara ini sederhana, murah, dan portable serta memiliki efektivitas kerja yang baik sebagai pendingin udara, dengan parameter suhu output alat yang rendah.

“Pada penelitian rancang bangun kali ini, dikehendaki bahan pendingin berupa larutan yang memiliki suhu rendah. Suhu rendah ini diperoleh dari reaksi es dan garam yang dilarutkan dalam air, sehingga akan tercipta larutan garam yang bersuhu dibawah 0 0C namun tidak membeku, karena terjadi penurunan titik beku,” lanjut Aziz.

Adapun konsep pendinginan udaranya ialah menghembuskan udara ataupun bahan pendingin ini ke udara bebas, sehingga akan tercipta hembusan yang memiliki suhu rendah layaknya hembusan dari alat konvensional yang sudah dikenal seperti AC.

Cara membuatnya yaitu dengan membuat lubang seukuran diameter kipas angin pada tutup box Styrofoam. Lalu masukan casing depan kipas ke lubang tersebut, hingga rapat menutupi lubang kemudian membuat lubang output pada tutup atas box Styrofoam. Setelah itu masukan pipa PVC ‘L’ sambungan ke dalam lubang tadi untuk lubang keluaran output pendiingin udara. Setelah selesai masukan bahan pendingin; air 1,2 L, es 2,1 L, dan garam 0,25 kg ke dalam box. Tutup box styrofoam dengan tutup yang telah dipasang pipa dan kipas, kemudian nyalakan kipas, dan udara dingin akan keluar melalui pipa output (pipa ‘L’).

Diterangkan, pada dasarnya, prinsip kerja pendingin ruangan sederhana yaitu; es dan air dingin dalam box styrofoam akan mendinginkan udara di dalam box. Udara dingin itu dihembuskan keluar oleh kipas yang dihadapkan ke dalam box styrofoam. Satu-satunya lubang yang merupakan lubang output akan mengalirkan udara dingin yang dihembuskan kipas keluar box, sehingga mampu menjadi pendingin udara.

“Setelah dicoba, suhu keluaran dari depan pipa output pada awal percobaan dapat mencapai 190C. Suhu kamar berkisar antara 26,5-27 0C, sehingga rancangan model ini dapat menurunkan suhu udara output + 7-8 0C,” ungkapnya.

Dari eksperimen ini, dapat dikatakan bahwa rancangan ini cukup berhasil untuk menciptakan udara output yang dingin. Kelemahan dari rancangan ini ialah udara dingin yang keluar dari output bersifat lokal, dan kurang bisa mendinginkan suhu udara ruangan secara menyeluruh, sehingga penggunaannya relatif bersifat individual. Implementasi di dalam kabin mobil mungkin akan lebih tepat untuk mendinginkan ruangan, ketimbang mendinginkan ruangan tempat tinggal (bangunan). (witono).

Demikianlah artikel tentang “Kipas Angin Air Kurang Dingin Coba Cara Ini” yang Karang Mulya Rental tuliskan, Sumber artikel dari Karang Mulya Rental, Sumber Tulisan dan Gambar “Trik Membuat Air Cooler Sederhana” http://fmipa.uny.ac.id/berita/mahasiswa-fmipa-uny-buat-pendingin-udara-murah-dan-portable.html.

Bagikan :)