Kemungkinan Harga AC Import Akan Naik

Kemungkinan Harga AC Import Akan Naik

Konsumsi barang import yang terus meningkat di masyarakat, mendorong pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri agar dapat bersaing dan diterima oleh masyarakat. Salah satu cara yang akan diterapkan pemerintah adalah dengan menaikan tarif bea masuk produk impor di Indonesia. Alasan lainnya adalah karena Tarif bea masuk impor di Indonesia disebut terendah di dunia. Karena kenaikan Tarif bea masuk import tersebut Kemungkinan Harga AC Import Akan Naik tidak hanya pada AC (Air Conditioner) namun pada beberapa produk import lainnya. Tarif bea masuk rata-rata sebelumnya 7,3 persen, kemudian sekarang naik 8,3 persen, Dan itupun masih dikatakan rendah.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan kenaikan bea masuk ini terjadi pada produk hilir atau barang konsumsi. Alasan pemerintah mengeluarkan kebijakan ini adalah untuk melindungi industri dalam negeri juga berpotensi menambah penerimaan negara. Kemkeu tidak memungkiri kebijakan ini bisa membuat daya beli masyarakat menurun karena harga jual akan meningkat. Kondisi ini jelas akan membuat pertumbuhan ekonomi tahun ini kian melemah.

Kenaikan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 132/PMK.010/2015 tentang Penetapan Sistem Klasifikasi Barang dan Pembebanan Tarif Bea Masuk Atas Barang Impor. Kenaikan tarif bea masuk ini akan membuat kenaikan pada harga jual barang impor. Kategori barang konsumsi yang dinaikkan tidak sedikit. Lebih dari 50 kelompok barang konsumsi dinaikkan tarif bea masuknya, mulai dari makanan, minuman, pakaian hingga kendaraan bermotor dan perabot rumah tangga.

Kemungkinan Harga AC Import Akan Naik sebesar 15%, Makanan seperti ikan, coklat, pasta, es krim, roti kering, dan kembang gula tarif bea masuk impornya naik dari 5% dan 10% ke 15% dan 20%. Pakaian seperti kemeja pria atau anak laki-laki dan blus kemeja untuk wanita atau anak perempuan naik dari 15% ke 20%-25%. Kendaraan bermotor untuk mengangkut 10 orang atau lebih (bus) tarifnya naik dari 10% dan 40% ke 20% dan 50%. Sepeda motor naik dari 10% dan 20% ke 30% dan 40%.

Jika Kemungkinan Harga AC Import Akan Naik maka bisa mempengaruhi harga sewa dalam bidang Rental, Karena hingga saat ini, Karangmulya sebagai jasa Rental AC, Genset, Misty Fan, Tenda Kerucut, hampir seluruh produk Rental menggunakan produk import terutama AC (Air Conditioner).

  Layanan Jasa Karang Mulya Rental

Karang Mulya adalah Layanan Jasa Penyewaan AC Standing 3PK dan 5PK, Penyewaan Tenda Kerucut atau Sarnafil, Penyewaan Misty Fan atau Misty Cool serta Penyewaan Genset. Cakupan Wilayah Kerja meliputi, Jakarta, Tangerang, Banten, Cileduk, Bekasi, Serpong, Depok, Bogor, Dll.

Bagikan :)