Kegunaan dan Fungsi Tenda

Kegunaan dan Fungsi Tenda Serta Perluasannya

Kegunaan dan Fungsi Tenda – Manusia mulai mengenal Tenda setidaknya sejak Jaman Besi, Tenda tradisional telah digunakan oleh orang-orang di beberapa belahan dunia, seperti penduduk asli Amerika, Mongolia, Turki dan Nomad Tibet serta Badui. Kebanyakan Tenda tradisional menggunakan bahan dari kulit hewan, Seperti yang digunakan oleh Tentara Romawi dimasa lampau yang mana desain dari tenda itu akan menjadi cikal bakal dari Tenda Modern. Jika anda tidak percaya cobalah mengetikan keta “Sewa Tenda Romawi” pada beberapa search engine, Anda akan menemukan cukup banyak penyedia Jasa Sewa Tenda Romawi Yang tentunya tidak lagi berbahan kulit, hanya desainnya saja.

Tenda tradisonal banyak digunakan oleh para pengelana dan para peternak kambing atau domba yang tempat tinggalnya jauh dari padang rumput. Beberapa rumah tradisonal Di Indonesia juga ada yang terlihat menyerupai Tenda tradisonal, Namun itu hanya desain yang terlihat mirip saja, Namanya juga rumah yang pembuatannya permanen atau semi permanen, walaupun bisa diangkat dan di pindah-pindah tetapi mengangkatnya diperlukan bantuan beberapa orang, Sementara yang dinamakan Tenda itu pembuatannya tidak permanen dan mudah untuk di bawa-bawa apalagi di pindah.

Kegunaan dan Fungsi Tenda

Seperti yang telah kami tulis diatas Tenda tradisonal telah digunakan untuk tempat tinggal, Seperti penduduk asli Amerika, Mongolia, Turki dan Nomad Tibet serta Badui. Tempat tinggal yang dimaksud adalah tempat tinggal sementara, Karena dahulu orang berpindah-pindah tempat tinggal karena faktor makanan, iklim dan cuaca. Desain dan gaya tenda tradisional pada beberapa belahan dunia juga berbeda-beda namun jika diperhatikan memiliki satu persamaan yaitu pada bagian atas mengkrucut.

Sejak masa lampau Tenda telah digunakan oleh militer di berbagai belahan dunia, Tenda dijadikan barak-barak tentara serta markas utama sementara pada peperangan atau pertempuran khususnya ketika melakukan penyerangan. Dalam keadaan darurat para tentara hanya mendirikan tenda sederhana yang biasa disebut Tenda Bivak yang atapnya dilapisi daun-daun dan ranting. Tenda Bivak juga banyak digunakan oleh para pengelana juga para peternak, Dan hingga saat ini Tenda Bivak masih banyak digunakan oleh para pelaku kegiatan outdoor dan adventure, Untuk Tenda Bivak modern kita dapat membeli bahannya di toko outdoor. Tidak hanya militer dimasa lampau, Di era modern inipun, Tenda masih banyak digunakan oleh militer didunia. Militer Indonesia juga menggunakan Tenda pada beberapa kegiatannya.

Tenda dalam keadaan Darurat, Tenda yang sering digunakan dalam keadaan darurat kemanusiaan, seperti perang, gempa bumi, kebakaran, dll. Tidak ada desain serta gaya baku pada Tenda Darurat, Namanya juga darurat, Tenda apapun bisa digunakan untuk penampungan sementara. Walaupun begitu usahakan menggunakan tenda yang memiliki bahan anti air serta tertutup, Tidak menggunakan Jenis Tenda yang terbuka seperti Tenda Bivak yang tidak memiliki penutup depan belakang atau Tenda Flysheet (Shelter) yang tidak tertutup di bagian samping depan belakang. Tempat penampungan sementara ini menjadi rumah permanen atau semi-permanen, terutama untuk orang-orang terlantar tinggal di kamp-kamp pengungsi dan belum bisa kembali ketempat tinggal mereka.

Tenda Kemping, Yang satu ini adalah favorit kami, Di otak kami bila kemping sudah pasti Kemah, Berangkat Gan.!!. Tenda Kemping ini ada beberapa macam, Beberapa jenis digunakan pada keadan serta kondisi tertentu. Jenis Tenda yang paling banyak digunakan adalah Tenda Dome Tenda ini dipilih karena faktor harga yang hemat juga mudah untuk bongkar pasang juga membawanya. Tenda Dome biasanya mempunyai dua prinsip pelapisan perlindungan, yaitu dinding bagian dalam yang terbuat dari bahan yang bernafas (breathable) atau bahan non-waterproof dan dinding luar (flysheet) yang terbuat dari bahan yang anti air, Tenda Dome ada yang memiliki Satu lapisan hingga 3 lapisan. Tenda Pramuka juga termasuk dalam “Tenda Kemping”, Jenis Tenda ini agak sulit untuk bongkar pasang juga membawanya, Kelebihan Tenda Pramuka adalah kekuatannya, “Tenda Pramuka” ada yang memiliki satu lapisan hingga 3 lapisan, Dahulunya Tenda Pramuka hanya memiliki satu lapisan, bahan lapisan terbuat dari Terpal ada juga yang menggunakan bahan parasit. Tenda Kemping dalam kondisi dan keadaan tertentu seperti Tenda Pohon, Tenda Mobil, Tenda Bivak, Tenda Kepompong, dll. Tenda Pohon dan Tenda Kepompong biasanya digunakan di hutan-hutan, Didirikan diketingian sekitar 6 meter, Fungsinya agar terhindar dari hewan buas yang datang dari bawah juga terhindar dari serangan hewan di bagian atas, seperti jenis monyet beruk, jenis kucing pohon, dll.

Kegunaan dan Fungsi Tenda lainnya adalah untuk Acara Pesta, Event, Pameran, Bazar juga Lapak, Kegiatan sepeti ini banyak sekali bisa kita jumpai, seperti Acara Penikahan, kawinan atau resepsi yang menggunakan Tenda Pernikahan atau bisa juga disebut Pelampang. Kegiatan lainnya seperti event atau Pameran, Biasanya menggunakan Tenda Roder atau bisa juga menggunakan Tenda Carnaval. Untuk info saja, Karang Mulyal Rental adalah Jasa Sewa Tenda Kerucut atau Tenda Sarnafil yang dapat di aplikasikan pada acara seperti Pesta, Event, Pameran, Bazar juga Lapak. Jenis-jenis Tenda lainya seperti Tenda Romawi, Tenda Mongol, Tenda Silinder, Tenda Pagoda, Tenda Cafe, Pada dasarnya dapat digunakan untuk sebuah Acara atau Event.

Perluasan Dari Kegunaan dan Fungsi Tenda

Maksud dari “Perluasan Dari Kegunaan dan Fungsi Tenda” adalah bahwa Sebuah Tenda tidak harus selalu mengikuti kebiasaan atau yang telah ditentukan oleh produsen pembuat Tenda. Misalkan sebuah Tenda Dome yang dirancang untuk keperluan kemping dapat pula digunakan sebagai Tenda Darurat, Hal ini dapat kita lihat ketika banjir di Jakarta terutama dikawasan Kampung Pulo, Beberapa Tenda Dome didirikan sebagai Tenda Darurat. Di Derah Joglo Jakarta Barat, Kami juga sempat melihat bagaimana Tenda Dome digunakan sebagai tempat makan oleh salah satu pedagang kuliner. Penasaran kami juga sempat mencoba makan di tempat tersebut dan memesan mie instant, Kami berasa sedang kemah diantara bisingnya klakson, raungan mesin dan asap polusi kendaraan bermotor.

Tenda Kerucut atau Tenda Sarnafil yang biasanya kami menyewakannya untuk keperluan event, acara, bazar, pesta dan pameran, Di daerah Jogjakarta, kami sempat melihat bagaimana Tenda Kerucut tersebut digunakan untuk keperluan Arkeologi, Hasil penemuan benda purbakala di taruh didalam Tenda kerucut atau tenda sarnafil. Didaerah Jawa Barat diantara hamparan Kebun Teh kami juga sempat melihat bagaimana sebuah Tenda Roder digunakan untuk keperluan riset dan penelitian.

Tenda Promosi, Apakah anda pernah mendengar tentang Tenda Promosi, Kata “Tenda Promosi” ini sering kali di tuliskan pada website Penjual dan Pembuat Tenda. Dari apa yang kami lihat dan perhatikan, Tenda Promosi bukanlah termasuk Jenis Tenda baru, Itu hanyalah sebuah Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut, pernah juga kami melihat Tenda Cafe juga Tenda Kebun yang diberikan tambahan Gambar. Kebanyakan Gambarnya adalah Logo Perusahaan atau Produk dari perusahaan itu sendiri dan di tambahkan kata-kata. Tenda Posko juga sama saja, Itu bukanlah Jenis Tenda baru, Tenda itu hanyalah sebuah Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut. Tenda-tenda ini dibuat oleh Perusahaan pembuat Tenda atas dasar pesanan. Masih banyak lagi contoh-contoh Perluasan Dari Kegunaan dan Fungsi Tenda yang pernah kami saksikan sendiri yang akan panjang sekali bila dituliskan pada artikel ini.

Sudah panjang lebar kami menuliskan tentang Kegunaan dan Fungsi Tenda, Dimana pada awalnya Tenda Digunakan untuk keperluan Tempat tinggal sementara. Seiring waktu Kegunaan dan Fungsi Tenda berkembang mengikuti kebutuhan dan keperluan manusia. Sumber artikel dan foto didapat dari wikipedia.org. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke website Karang Mulya Rental. Salam.

Bagikan :)