Green Building Konsep Gedung Ramah Lingkungan

Green Building Konsep Gedung Ramah Lingkungan

Green Building Konsep Gedung Ramah Lingkungan

Karang Mulya sebagai Sewa dan Rental AC Standing telah lama mengetahui Green Building Konsep Gedung Ramah Lingkungan, Namun sepertinya tidak banyak gedung-gedung seperti itu di Indonesia bahkan di negara lain. Green Building Konsep Gedung Ramah Lingkungan karena menerapkan effesiensi energi, material bangunan dan kenyamanan penghuni. Mungkinkah gedung-gedung di dunia ini mampu menerapkannya dan tidak hanya gedung perkantoran tapi semua tempat tinggal (Rumah).

Dahulu Negeri ini tidak hanya menerapkan Green Building tapi mungkin Total Green Building, Bagaimana tidak jika semua material rumah memanfaatkan kayu, batu alam dan lumpur. Penerangan hanya berasal dari api-api pelita ataupun obor, tidak perlu memasak nasi menggunakan rice cooker ataupun kompor listrik, Tidak perlu menyetrika pakaian dengan setrika listrik. Tidak perlu menggunakan AC (Air Conditioner) untuk mendapatkan kesejukan, Alam memberikan segala yang diperlukan.

Saat ini, kota-kota besar di dunia tengah berlomba-lomba membuat gedung perkantoran yang dibangun dengan konsep green ( Green Building Konsep Gedung Ramah Lingkungan ). Namun, karena biaya konstruksinya yang lebih mahal dibanding gedung konvensional, masih banyak para kontraktor dan pemilik gedung yang enggan membangun gedung perkantoran dengan konsep ini.

Menurut Direktur PT Egis International Indonesia, konsultan pembangunan perkotaan dan industri, Ipoeng Poernomo, untuk menciptakan konsep green building pada gedung perkantoran sebenarnya tidaklah sulit. Ada langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat gedung perkantoran menjadi lebih “green.”

“Langkah awal yang harus dimulai bisa dengan menanam pohon-pohon di halaman gedung perkantoran. Dengan adanya penghijauan di kantor, otomatis pemanasan Global pun berkurang,”.

Selain itu, ia menyarankan untuk membatasi penggunaan air conditioner (AC) di gedung perkantoran. Pembatasan AC ini bisa diganti dengan menggunakan kaca yang lebih lebar atau membuat jam batasan untuk penggunaan AC. Tidak hanya dari penggunaan AC, lanjut Ipoeng, dari segi penggunaan energi listrik juga harus diperhatikan.

“Misalnya dengan mengganti lampu dengan konsumsi rendah dan sesuaikan dengan kebutuhan,” tambahnya. Ipoeng menilai, untuk menerapkan konsep green building pada bangunan tidaklah sulit. Karena, sudah banyak negara-negara di berbagai belahan dunia yang menerapkan ini. “Green building sebenarnya mudah diterapkan, asalkan ada kesadaran dari pemilik dan penghuni gedung,” tutup dia.

“Biasanya, jika menggunakan lampu biasa, tagihan rata-rata listrik untuk lampu yang mencapai Rp500.000 per bulan. Tapi jika menggunakan lampu hemat energi, tagihan listrik untuk lampu bisa hemat setengahnya, yakni Rp250.000 per bulan,” ucap dia.

Selain dalam pemilihan lampu, lanjut Ipoeng, penggunaan alat-alat elektronik juga harus diperhatikan. Ia menyarankan, penggunaan air conditioner (AC) yang berteknologi eco system juga bisa menghemat daya listrik.

“Begitu juga dengan kulkas dan kompr, cari yang hemat energi. Perabotan yang hemat energi ini memang mahal, tapi keuntungannya hemat listrik. Ketimbang membeli perabotan murah namun membuat tagihan listrik membengkak,” tambahnya.

Kedua yaitu ramah lingkungan. Menurut Ipoeng, bangunan yang ramah lingkungan dilihat dari material bangunan yang dipakai. Bahkan ia menyarankan, bangunan yang ramah lingkungan sebaiknya menggunakan materila dari bahan daur ulang.

“Kenapa tidak? Selama masih baik dan bagus untuk digunakan. Karena itu tentunya akan menghemat SDA kita sendiri, tidak mengeruk Sumber Daya Alam baru lagi,” ucapnya.

Dan yang terakhir adalah terkait insfrastruktur bangunan. Menurut dia, sebuah bangunan yang green harus memiliki insfrastruktur yang nyaman dipakai oleh penggunanya. Namun, dia menekankan, tidak hanya nyaman, tapi juga semuanya harus hemat energi.

http://property.okezone.com/read/2014/08/13/474/1023845/bangunan-hijau-harus-punya-3-hal-ini

http://property.okezone.com/read/2014/08/13/474/1023753/bikin-kantor-lebih-green-dengan-cara-ini

Jika anda memerlukan Jasa Sewa dan Rental AC Standing anda telah berada ditempat yang tepat, Karena Kami Karang Mulya bergerak dibidang Jasa Sewa Dan Rental AC Standing. Harga Penyewaan AC Standing sangatlah terjangkau dan Produk Rental pun terawat dengan baik.

Bagikan :)