Berapa Banyak Blower AC Pada Mobil Anda

Berapa Banyak Blower AC Pada Mobil Anda

Menurut kami Karang Mulya Rental dan Sewa AC antara sistem AC pada kendaraan dengan AC standart konsumen rumahan tidaklah jauh berbeda. Pada saat ini banyak produk AC konsumen rumahan yang telah menggunakan 3 buah kipas aktif yang biasa juga dikenal dengan Turbo Jet Cooling, Begitu pula pada mobil keluaran terbaru Chevrolet Spin. Pada kabin mobil ini kita dapat menemukan AC Triple Blower, Walapun beberapa ahli masih ragu apakah benar terdapat 3 buah blower atau cuma akal-akalan saja namun bila melihat perkembangan teknologi dan fitur AC keluran Chevrolet sepertinya sangatlah mungkin. Pada New Chevrolet Captiva terdapat fitur AC dual zone climate yang diklaim baru kali pertama diterapkan untuk tipe mobil SUV dan belum dimiliki para kompetitor.

Masalah blower AC ini memang menjadi perhatian khusus bagi pabrikan, mengingat banyak konsumen yang merasa bahwa AC Single Blower tidak cukup terutama pada iklim tropis. Kenyamanan menjadi proritas utama bagi sebuah mobil keluarga saat ini. Salah satunya adalah memastikan sistem AC di mobil mampu terdistribusi merata di seluruh kabin. Tak heran bila beragam cara dilakukan produsen mobil untuk mendinginkan kabin mobil. Penerapan AC double blower merupakan cara paling jitu. Tak heran bila line up produk mobil keluarga kerap menanggalkan perangkat ini untuk mereduksi harga jual kendaraan agar lebih terjangkau. Biasanya ia akan hadir pada entry level dari jajaran produk seperti yang dilakukan Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Bahkan generasi awal entry level Nissan Evalia dan Honda Freed pun belum menyematkannya.

Beberapa Merk dan Tipe Mobil Dengan AC Double Blower

Daihatsu Xenia adalah nama mobil jenis MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. Mobil ini dipasarkan dengan 2 merek: Daihatsu Xenia dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor sedangkan Toyota Astra Motor memasarkannya dengan merek Toyota Avanza. Pada generasi kedua Daihatsu Xenia, dilakukan penambahan yang cukup signifikan yaitu AC blower ganda yang sebelumnya telah ada pada Toyota Avanza sejak generasi pertama.

Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang di pasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. AC blower ganda (Avanza 1.3 G and 1.5 S) telah digunakan dari mulai generasi pertama.

Honda Freed adalah sebuah MPV mini buatan pabrikan otomotif Jepang Honda sejak 2008. Di negara asalnya, Jepang, Freed digunakan untuk menggantikan Honda Mobilio. Honda Freed menggunakan dasar dari Honda Jazz. Hampir semua tipe Honda Freed kecuali tipe awal dan New Honda Freed menggunakan AC Double Blower (AC Blower ganda).

Mitsubishi Pajero adalah SUV yang dibuat oleh Mitsubishi Motors, dikenal sebagai Mitsubishi Montero di Amerika (kecuali Brazil) dan Spanyol, dan sebagai Mitsubishi Shogun di Inggris. Mitsubishi Pajero tipe Sport telah dilengkapi dengan AC Double Blower (AC Blower ganda).

Jika Blower AC Kurang, Modifikasi Saja

Beberapa bengkel AC mampu mengatasi masalah tersebut dengan menambahkan double blower pada Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio yang masih menggunakan single blower. Bisa saja jika ingin memasang double blower pada Ertiga dan Mobilio, namun banyak part yang harus diganti pada sekitar kabin. Untuk kedua mobil tersebut, telah menggunakan single blower yang terintergrasi dengan plafon. Mau tidak mau harus melakukan penggantian plafon untuk memasang double blower pada Mobilio dan Ertiga. Sedikit berbeda dengan Ertiga, Mobilio untuk tipe S telah tersedia space pada plafon untuk memasang double blower. Jadi bisa dimodifikasi dengan melubangi plafon untuk mengeluarkan udara sejuk melalui kisi-kisi AC. Tetapi jika ingin terlihat lebih rapih disarankan untuk melakukan penggantian plafon.

Pada umumnya untuk mobil single blower menggunakan refrigerant dengan tekanan sebesar 25-30 Psi. Karena ada penambahan blower, maka jalur refrigrant pun perlu diparalel. Efeknya penambahan jalur yang lebih panjang, membuat jumlah refrigerant pun menjadi lebih banyak pula. Untuk mobil menggunakan double blower biasanya menggunakan tekanan refrigerant hingga 40 psi. Hal ini guna mengoptimalkan pendinginan yang diberikan oleh kompresor ke dalam kabin.

Banyak Blower Banyak BBM, Berikut Tips Agar Lebih Irit

Gunakan AC seperlunya, Pemakaian pengatur suhu udara tentu saja memerlukan tambahan konsumsi BBM, jadi bijaksanalah menggunakannya. Kaca kendaraan lebih baik dalam selalu keadaan tertutup karena kaca terbuka akan menyebabkan extra drag.

Anda harus mengetahui bahwa pada saat switch AC dinyalakan maka tenaga mesin akan diambil oleh sistem AC hingga sebesar 5 PK (tergantung ukuran kendaraan) untuk menggerakkan kompresor dan system terkait.

Mobil-mobil ber-cc kecil, akan kehilangan sekitar 10 persen dari konsumsi bahan bakarnya untuk AC tersebut. Supaya AC bisa digunakan secara efektif, sebaiknya anda membuka dahulu pintu mobil sampai udara panas keluar dari dalam kendaraan, baru kemudian menyalakan mesin AC.

Anda dapat juga mengoptimalkan kinerja AC dengan mematikan switch AC saat membutuhkan engine power, misalnya pada saat akselerasi maupun saat kendaraan melewati jalan tanjakan. Lalu menyalakannya kembali sesudah berakselerasi ataupun sesudah jalanan mulai menurun.

Atau anda bisa memanfaatkan Economy mode dimana beban dari kompresor berkurang, ataupun tidak terlalu mengeset suhu AC pada temperatur yang terlalu rendah.

Sumber: Dari Berbagai Sumber | Thanks All

Jika anda memerlukan Jasa Rental dan Sewa AC Standing anda telah berada ditempat yang tepat, Karena Kami Karang Mulya bergerak dibidang Jasa Sewa Dan Rental AC Standing. Harga Penyewaan AC Standing sangatlah terjangkau dan Produk Rental pun terawat dengan baik.

  Layanan Jasa Karang Mulya Rental

Karang Mulya adalah Layanan Jasa Sewa AC Standing 3PK dan 5PK, Sewa Tenda Kerucut atau Sarnafil, Sewa Misty Fan atau Misty Cool serta Sewa Genset. Cakupan Wilayah Kerja meliputi, Jakarta, Tangerang, Banten, Cileduk, Bekasi, Serpong, Depok, Bogor, Dll.

Bagikan :)