Bahaya Aliran Listrik Dari Genset Untuk Perangkap Tikus

Bahayanya Aliran Listrik Dari Genset Untuk Perangkap Tikus

Karangmulya sebagai Rental Dan Sewa Genset menyadari jika sebuah alat dapat digunakan secara normal dan tidak normal, Namun keselamatan perlu di pikirkan guna menghindari masalah yang timbul dari penggunaan alat yang tidak normal. Sebuah alat dirancang oleh produsen tentunya memiliki standart penggunaan dan pengaman, Jika tidak memikirkan masalah yang timbul karena penggunaan alat yang tidak normal tentunya masalah akan datang, bahkan masalah besar yang dapat merenggut nyawa manusia. Genset dibuat untuk dapat menciptakan listrik yang diperlukan manusia dan bukan untuk menewaskan manusia.

Rusaknya ekosistem membuat manusia mencari alternatif lain guna kelangsungan usahanya, Beberapa waktu belakangan ini para petani dan peternak ikan menemukan cara pengamanan dari para penganggu yaitu dengan memasang kawat di area sawah dan kolam yang di aliri listrik bertegangan tinggi, Hal ini di anggap cukup effektif dalam memberantas serangan tikus, babi hutan dan tentunya para pencuri. Aliran listrik diperoleh dari Genset (Generator SET) atau langsung menggunakan aliran listrik dari PLN. Beberapa dari mereka ada yang memasang tulisan peringatan di sekeliling area namun ada juga yang tidak. Menurut Karang mulya sebagai Rental Dan Sewa Genset penggunaan genset untuk mengaliri arus listrik pada kawat merupakan hal yang wajar tapi resikonya cukup tinggi, apalagi jika tidak ada tulisan peringatan.

Kendati dilarang karena berbahaya, petani tetap membandel memasang perangkap tikus dengan menggunakan aliran listrik bertegangan tinggi di sawahnya. Perangkap tersebut sebagai upaya untuk menyelamatkan benih padi yang disemai. Hingga padi sudah ditanam, petani masih memasangnya. Itu dilakukan saat padi masih berusia dibawah satu bulan. Petani di wilayah Kecamatan Patrol dan Kandanghaur misalnya, tidak sedikit petani sengaja memasang perangkap tersebut. Kondisi itu disesalkan warga, karena perangkap dengan memanfaatkan aliran listrik itu sangat berbahaya dan mengancam keselamatan.

“Danu warga Patrol mengatakan, Masalahnya sudah banyak korban akibat kesetrum listrik perangkap tikus itu. Karena tidak tahu ada kabel yang dialiri yang dipasang oleh petani pemilik sawah tersebut. Sekarang banyak yang memasang karena para pertani lagi melakukan persemaian, Dikatakannya, perangkap tikus itu dialiri listrik dari tenaga genset, bahkan dari listrik PLN. Mereka yang menggunakan genset sawahnya jauh dari pemukiman penduduk. Menurut Danu, listrik dari genset juga bisa berbahaya dan orang yang terkena setrum dapat terancam nyawanya, apalagi menggunakan listrik PLN”.

“Seperti kejadian di Blok Kalianyar Desa Eretan Kulon setahun lalu. Seorang pelayan warung remang-remang meninggal dunia akibat kesetrum kabel perangkap tikus yang dipasang oleh petani. Kabel tersebut aliran listriknya dari genset,” ungkapnya.

Solihin, warga Kandanghaur mengatakan, pemasangan kabel perangkap tikus menggunakan listrik perlu ditertibkan agar tidak memakan korban. Kepada pihak terkait, dirinya meminta segera melakukan tindakan, yakni turun ke lapangan untuk melarang petani mamasang perangkap tersebut.

Sumber berita dan foto: www.rri.co.id

Karang Mulya adalah perusahaan yang bergerak di bidang Rental Dan Sewa Genset yang berlokasi di Cileduk Tangerang. Cakupan wilayah Jasa Persewaan Genset kami adalah Jabodetabek. Kami tidak menutup kesempatan apabila ada pesanan dari luar wilayah yang kami sebutkan.

Bagikan :)