Atasi Krisis Listrik Staf Kelurahan Gogagoman Membeli Genset

Atasi Krisis Listrik Staf Kelurahan Gogagoman Membeli Genset

Membaca dari sebuah situs media online dimana ada satu kelurahan di Sulawesi Utara yang memiliki masalah dengan seringnya Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan pemadaman bergilir meskipun di hari kerja, Staf kantor Kelurahan melakukan patungan untuk membeli genset guna mengantisipasi pemadaman Listrik agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu dan maksimal, Seperti kita tahu harga genset cukuplah mahal, untuk itu mereka membayar dengan cara mencicil (kredit). Untuk itu Karangmulya sebagai Rental Dan Sewa Genset memberikan apresiasi dan rasa hormat kami yang tinggi kepada anda semua Staf kantor Kelurahan Gogagoman.

Kelurahan Gogagoman terletak di Propinsi Sulawesi Utara, Tepatnya di kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, Indonesia. Tidak hanya di Kelurahan Gogagoman hampir semua wilayah di Sulawesi Utara seringkali terjadi pemadaman listrik bergilir yang dilakukan pihak PLN. Menurut Riswan Gunawan pejabat Manager Rayon PLN Bitung untuk kondisi pemadaman yang terjadi saat ini karena alam bukan material sehingga terjadi pengurangan besaran defisit minus 60 MW di PLTA, selain itu pengiriaman batu baru dari Kalimanatan untuk pasokan saat terjadi cuaca buruk terlambat masuknya ke pihaknya. “Yang tadinya setiap mesin bisa pasok 20 MW dengan kondisi keterlambatan pengiriman batu baru sehingga hanya bisa pasok 10 MW,”.

Sebagian Warga Manado dan Minahasa tak bisa menyaksikan siaran langsung pelantikan Presiden VII RI Joko Widodo yang disiarkan secara langsung di beberapa stasiun televisi, Senin (20/10/2014). Sebab, Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan pemadaman listrik disaat warga tengah menyaksikan acara pelantikan tersebut. “Kesal sekali, kami ingin menonton Jokowi dilantik jadi presiden, eh malah listrik padam,” ujar Samuel warga Tateli, Minahasa, pagi ini. Kekesalan yang sama dilontarkan hampir semua warga yang wilayahnya padam listrik. PLN Sulutenggo memadamkan aliran listrik sekitar pukul 10.00 WITA, disaat warga antusias menonton siaran langsung tengah memuncak.

Atasi Krisis Listrik Staf Kelurahan Gogagoman Membeli Genset

Proses pelayanan kepada masyarakat di Kelurahan Gogagoman, selama jam kerja berlangsung dipastikan tidak akan lagi terhalang. Betapa tidak, meski tidak dianggarkan dalam APBD, namun kreatifitas para aparat di Kelurahan terbesar di Kotamobagu itu patut diapresiasi. Ini menyusul dengan pembelian Genset (Generator Set) untuk mengantiisipasi pemadaman listrik yang kerap dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Genset (Generator SET) itu dibeli dengan cara swadaya. Jadi kami para pegawai di Kantor Kelurahan mengumpulkan uang yang diambil dari gaji kami secara pribadi untuk membeli alat itu,” ujar Lurah Gogagoman, Stani Mokodompit, melalui Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Gogagoman, Hendra Manoppo, kepada beritatotabuan.com, Rabu (22/10/2014) pagi tadi.

Menariknya, dari Hendra terungkap kalau Genset itu dibeli dengan cara kredit. “Jadi kami mencicil uang pembelian Genset itu selama dua bulan, dan dipotong dari gaji kami,” tambah Hendra.

Langkah itu, dikatakan Hendra diambil sebab pelayanan di di kantor itu, sering tersendat ketika pemadaman listrik terjadi.
“Warga yang biasanya mengurus sesuatu di kantor ketika lampu mati pasti tidak bisa dilayani. Jika sudah seperti ini, maka tidak ada alasan bagi kami untuk warga dalam mengurus keperluan mereka,” tutupnya.

Sumber: Tribunnews.com, Beritatotabuan.com, Manado.tribunnews.com

Bagikan :)