AC Sebagai Penyebab Kebakaran..Mungkinkah.??..

Karang Mulya Sebagai Jasa Rental AC belum lama ini membaca sebuah berita dari sebuah situs berita di internet. Bahwa telah terjadi kebakaran di sebuah rumah dan menurut saksi mata beliau sempat melihat sumber api pertama kali dari sebuah AC (Air Conditioner) yang terpasang disalah satu ruangan dirumah itu. AC Sebagai Penyebab Kebakaran..Mungkinkah.??..

AC Sebagai Penyebab Kebakaran..Mungkinkah.??..

Berikut kutipan berita yang kami ambil dari http://www.radarsulteng.co.id/index.php/berita/detail/Rubrik/51/12559 .

PALU – Pasca kebakaran rumah pengusaha percetakan, Abdullah yang terjadi di Jalan Sisingamangara (Sigma), Sabtu malam (30/11), pihak Polres Palu sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan meminta keterangan dari beberapa saksi-saksi, termasuk pemilik rumah.

Kasat Reskrim Polres Palu, AKP Yosep AR Sudrajat, dikonfirmasi via ponsel, kemarin (1/12) mengatakan pada saat kejadian anggota Reskrim dan anggota identifikasi sudah langsung melakukan olah TKP, dengan mengumpulkan keterangan-keterangan di lapangan, untuk mencari tahu penyebab kebakaran dan kemungkinan-kemungkinan siapa tahu ada dugaan disengaja. “Saat kejadian anggota sudah di TKP sampai selesai kebakaran untuk mengumpulkan keterangan untuk menjadi laporan,” ujarnya.

Dari keterangan yang dihimpun anggota di TKP, pemilik rumah yang terbakar mengaku sempat melihat ada percikan api dari Air Conditioner (AC) yang ada di rumahnya. Tidak lama kemudian terjadilah kebakaran. “Keterangan pemilik rumah saat dimintai keterangan anggota di lapangam sempat melihat AC menyalaa dan percikan api,” jelasnya.

Namun, kata Yosep untuk memastikan penyebab kebakaran perlu dilakukan uji laboratorium forensik dan prosesnya cukup memakan waktu. Pengujiannya pun dilakukan di labfor yang memiliki peralatan yang memadai seperti yang ada di Makassar. Sementara untuk jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut juga belum bisa ditaksir, karena pemilik rumah belum memberikan keterangan berapa kerugian material yang dialaminya. “Kami sudah melakukan olah TKP dan sudah membuat laporan kejadian terjadi kebakaran. Untuk penyebab pasti kebakaran kita masih harus melakukan uji forensic,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sabtu malam kebakaran terjadi di Jalan Sigma sekitar pukul 21.45 dan menyebabkan rumah berlantai dua ludes terbakar. Dalam kejadian kebakaran tersebut tidak ada korban luka maupun korban jiwa.

Tanggapan Karang Mulya Sebagai Jasa Rental AC (Air Conditioner)

Pernah pula kami membaca berita tentang sebuah pesawat penumpang yang terbakar dan meledak, Ketika di teliti dan di analisa ternyata sumber masalah adalah karena Letak pendingin Udara (Air Conditioner) pada pesawat sangat dekat dengan tangki bahan bakar selain itu kabel-kabel yang terpasang tidak sepenuhnya rapi dan terdapat kabel yang terkelupas. kabel yang terkelupas bersentuhan dengan Uap air dari AC (Air Conditioner) dan memicu kebakaran, Perangkat AC yang terbakar membuat tangki bahan bakar panas dan meledak, yang tentunya juga meledakan pesawat komersial ini.

Tata letak yang tidak sefty dan kurangnya ketelitian pada perawatan di sebuah perangkat tentunya akan memicu sebuah masalah baru yang kadang kita sendiripun tidak mengetahui seberapa parahnya.

Bila anda melihat artikel pada wesite kami ini Karang Mulya Sebagai Jasa Rental AC (Air Conditioner) maka anda akan banyak menemukan artikel kami yang sangat mengedepankan perawatan pada AC (Air Conditioner). Kami juga selalu merekomendasikan penggantian komponen yang telah usang. Bila kita telah melakukan yang terbaik namun masih juga terjadi masalah maka itulah yang dinamakan musibah.

Tips Dari Karang Mulya Sebagai Jasa Sewa AC (Air Conditioner)

Gunakanlah Isolasi dengan bahan yang berkualitas baik serta tahan terhadap panas, Isolasi harus merekat kuat dan pada pemasangannya dililitkan sampai beberapa kali dan hingga keluar dari tempat yang ingin di isolasi. Bila melihat ada isolasi yang sudah kering sebaiknya diganti dengan yang baru, atau ditambahkan saja. Proses penyambungan kabelpun harus kuat bila memungkinkan dengan di solder.

Periksalah jalur perkabelan dari perangkat AC, Bila terdapat kabel yang telah kering segeralah diganti dengan kabel yang baru. Kabel yang kering akan mudah panas dan dapat memperburuk jalur kelistrikan. Kabel baru hendaknya memiliki ukuran yang sesuai dengan kabel yang akan diganti, bila ampere dan serabut tembaga pada kabel baru lebih kecil dari yang lama tentunya akan menjadi masalah karena dapat menghasilakan panas berlebih. yang paling sering terjadi adalah penggantian kabel yang menuju colokan listrik, kabel diganti seadanya tanpa menghiraukan ukuran. Perangkat AC memerlukan listrik besar untuk mengoperasikannya, contoh nya pada AC 5 PK, paling tidak diperlukan listrik 5000 watt untuk mengoprasikannya. Terkadang ada kabel yang terjepit atau ketika melepas perangkat terjadi pergesekan yang membuat bagian luar kabel terkelupas atau karena terjadinya panas berlebih, segeralah isolasi bila menemukan hal tersebut.

Bila melakukan perawatan rutin dengan membersihkan beberapa komponen AC terutama filter atau saringan dengan mencucinya cobalah untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum di pasang kembali. Hal ini untuk mencegah terjadinya tetesan air yang dapat mengenai kumparan atau kabel-kabel yang bermasalah seperti yang telah kami jelaskan diatas.

Demikianlah artikel AC Sebagai Penyebab Kebakaran..Mungkinkah.??.. serta sedikit Tips dari Karang Mulya Sebagai Jasa Sewa AC (Air Conditioner), Semoga dapat menjadikan kita lebih waspada dan selalu menjaga AC (Air Conditioner) dengan perawatan rutin untuk menghindari terjadinya kebakaran.

  Layanan Jasa Karang Mulya Rental

Karang Mulya adalah Layanan Jasa Rental AC Standing 3PK dan 5PK, Rental Tenda Kerucut atau Sarnafil, Rental Misty Fan atau Misty Cool serta Rental Genset. Cakupan Wilayah Kerja meliputi, Jakarta, Tangerang, Banten, Cileduk, Bekasi, Serpong, Depok, Bogor, Dll.

Bagikan :)