AC Kurang Dingin Mungkin Ini Penyebabnya

AC Kurang Dingin Mungkin Ini Penyebabnya

AC Kurang Dingin Mungkin Ini Penyebabnya Seperti masalah kelistrikan, Salah perhitungan PK, Arah Bangunan serta masalah instalasi dan perawatan AC (Air Conditioner). Beberapa kawan dan customer Rental AC kami pernah mengeluhkan masalah kurang maksimalnya kinerja AC di rumah mereka, Kerap kali mereka melontarkan kekesalannya dengan menyebut sebuak merk itu jelek, Hal ini bila didengar orang lain bisa saja akan terjadi fitnah. Kesalahan belum tentu dari produk AC namun dari kita pribadi yang kurang mengerti dan tidak memiliki ilmu pengetahuan yang cukup.

AC Kurang Dingin tidak hanya terjadi pada AC lama tetapi AC barupun tidak luput dari masalah ini, Terkadang masalahnya bukan pada AC nya tapi masalah lain, Seperti berikut:

Masalah Kelistrikan, Coba cek tegangan listrik yang tersedia di rumah. AC meruapakan salah satu perangkat elektronik yang paling besar menyedot daya listrik. Karena itu, pastikan sebelum memasang AC apakah tegangan listrik di rumah stabil atau sudah maksimal. Jika belum maksimal, maka sangat besar kemungkinan proses kerja AC pun tidak maksimal sehingga AC kurang dingin.

Masalah Kelistrikan ini tidak hanya akan berdampak pada AC yang kurang dingin saja namun dapat memberikan masalah juga pada peralatan elektronik yang lain. Solusinya mudah saja, Jika kurang coba ditambah dan Jika tidak stabil coba di stabilkan, Penggunaan Stabilizer mungkin dapat menjadi solusi.

Masalah Salah perhitungan PK, AC kurang dingin bisa pula disebabkan kapasitas PK yang tak sesuai kebutuhan. Kapasitas AC diukur dengan besaran paard kracht (PK). Saat membeli, penjual biasa menawarkan ragam ukuran AC, mulai dari ½ PK , 1 PK, 1,5 PK, dan seterusnya. Semakin tinggi angka dan ukuran AC, makin besar kapasitasnya.

Jika ukuran PK terlalu kecil, kemungkinan kamar jadi kurang dingin dan pemakaian daya lebih boros. Sebaliknya, PK terlalu besar bisa membuat ruangan telalu dingin, listrik juga sama mahalnya. Ukuran PK harus pas dengan kebutuhan pendinginan agar udara tetap sejuk, AC lebih awet, dan pemakaian listrik stabil. Untuk kamar berukuran rata-rata 3 x 3 meter, AC ½ PK mungkin sudah mencukupi kebutuhan. Kalau ruangan lebih luas dari itu, tentu dibutuhkan AC dengan PK lebih besar.

Masalah Arah Bangunan dan Kondisi Ruangan, Selain soal luas, kondisi ruangan patut dipertimbangkan pula. Walau ukuran sama, jika ruangan menghadap cahaya matahari langsung atau berada di lantai atas, suhu pun akan makin tinggi. Karena itu, kapasitas AC bisa jadi harus lebih besar. Jumlah orang dalam ruang ber-AC turut mempengaruhi suhu. Semakin banyak orang dalam ruangan, semakin bertambah hawa panas yang perlu didinginkan AC.

Jika Anda memiliki rumah bertingkat dengan memiliki kamar di lantai atas dan AC kurang dingin, maka bisa dipastikan itu terjadi karena panas atap yang turun langsung ke kamar di lantai dua. Selain itu, perhatikan juga apakah posisi kamar atau jendela langsung menghadap ke arah Barat dan Timur, tempat terbit dan tenggelamnya matahari. Jika Anda memiliki posisi kamar seperti diatas maka suhu udara pun akan terasa lebih panas dan hal ini yang membuat udara dari AC tidak terasa dingin.

Masalah instalasi dan perawatan AC, Jika kondisi AC masih prima tapi udara yang dihasilkan kurang dingin, mungkin ada kebocoran pada pipa atau saat awal pemasangan. Ingat, komponen yang mesti diperhatikan bukanlah AC semata, melainkan juga pipa pada unit indoor dan outdoor. Kadang pipa AC harus dibengkokkan di sana sini agar bisa terpasang pas dalam tembok atau pada dinding. Hati-hati, jika dipasang asal-asalan, pipa bisa retak halus sehingga tak terdeteksi langsung. Tahu-tahu, kebocoran pipa makin lebar sampai udara AC tak dingin lagi.

Perawatan AC secara berkala dapat membuat umur pakai AC lebih lama, Gunakan Layanan Jasa Perawatan AC profesional, Jangan asal-asalan. Mintalah untuk pengecekan menyeluruh termasuk pipa AC dan jangan hanya di filter AC saja.

Demikianlah artikel AC Kurang Dingin Mungkin Ini Penyebabnya yang Karangmulya Sewa AC tuliskan, Semoga bermanfaat. Sumber artikel Kompas.com, dll.

Bagikan :)